Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menkominfo Ungkap Pentingnya Pendidikan Robot Sejak Usia Dini

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 13 Oktober 2019 20:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 13 56 2116409 menkominfo-ungkap-pentingnya-pendidikan-robot-sejak-usia-dini-aYkf5YtQNu.jpeg Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengungkapkan bahwa pembelajaran tentang robotik penting untuk diajarkan sejak dini. Namun, dia juga menambahkan pembelajarannya dari hal yang mendasar yakni coding atau belajar logika.

"Pendidikan tentang robot sangat penting sejak dini. Seperti yang saya katakan bahwa ada 8 dari teknologi di dalam robotik, misalnya ada Internet of Things (IoT), Artificial Intelligent (AI), Big Data, dan Machine Learning," kata Rudiantara saat ditemui usai acara Robokids Fest di Jakarta Selatan, Minggu (13/10/2019).

Rudiantara juga mengungkapkan bahwa Kementerian Pendidikan (Mendikbud) juga tengah mempersiapkan bahwa pelajaran coding dapat dimasukkan di dalam pelajaran mulai tahun depan. Tidak hanya itu, Rudiantara juga berharap agar anak muda di Indonesia dapat menciptakan robot 'Buatan Indonesia'.

 Menkominfo Ungkap Pentingnya Pendidikan Robot di Usia Dini

Baca Juga: Diikuti 900 Peserta, World Robotic Explorer Perkenalkan Teknologi Robot untuk Pelajar

"Tidak hanya buatan Hanson saja (red: Hanson Robotic, pembuat robot AI Sophia)," kata Rudiantara.

Sementara itu, pendiri World Robotic Explorer, Jully Tjindrawan mengatakan bahwa ilmu tentang robot harus dikenalkan sejak dini, agar Indonesia tidak tertinggal dengan negara lain.

"Harus diperhatikan bahwa robotik harus dimulai pada usia dini, karena internasional sudah memulainya dalam umur 2,5 tahun. Saya harap Indonesia tidak tertinggal dan memulainya dari mulai umur 2,5 tahun. Alat-alatnya pun yang mengikuti mereka, saya melihat Indonesia harus mengejar ketertinggalan itu," kata Jully.

Menkominfo Ungkap Pentingnya Pendidikan Robot di Usia Dini

Baca Juga: Koran Sindo dan Sindonews.com Gelar Olimpiade Robotika Sindo 2019

Baca Juga: Teknologi 5G Dorong Kegiatan Belajar Online hingga Kompetisi Robot

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini