Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Robot Gantikan Pekerjaan Manusia di Masa Depan, Ini Kata Menkominfo

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 08:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 13 56 2116411 robot-gantikan-pekerjaan-manusia-di-masa-depan-ini-kata-menkominfo-taSu7ErtKX.jpeg Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - Dengan majunya teknologi, semakin meningkat pula robot yang mampu melakukan hal yang bisa dilakukan oleh manusia. Menurut riset dari Pew Research Center, banyak masyarakat di dunia beranggapan bahwa robot akan menggantikan pekerjaan di masa depan.

Melihat fenomena tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengungkapkan bahwa manusia harus melihat ke arah yang positif. Bukan soal hilangnya pekerjaan yang akan digantikan robot, namun suatu proses akan lebih efisien.

"Tidak usah takut manusia tergantikan oleh robot, karena justru kita butuh proses yang baru, keterampilan yang baru. Kalau tidak dengan robot kita akan susah, ya begitu-begitu saja," kata Rudiantara saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (13/10/2019).

Rudiantara juga mengatakan bahwa saat ini Tiongkok tengah menguji coba hotel masa depan tanpa manusia.

 Robot Gantikan Manusia, Ini Kata Menkominfo

Baca Juga: Lihat Aksi Robot Ini Masak Telur Dadar

"Kalau misalnya kita reservasi hotelnya di aplikasi itu sudah biasa. Jadi ini kalau ini nanti datang sendiri, check in sendiri, pakai retina mata untuk ID, kemudian room service nantinya robot yang menyediakan, saat breakfast robot yang mengantarkan, kecuali pas check out baru ada manusia," kata Rudiantara.

Tidak hanya itu, Rudiantara juga mengungkapkan pentingnya pendidikan robotik di Indonesia.

"Pendidikan tentang robot sangat penting sejak dini. Seperti yang saya katakan bahwa ada 8 dari teknologi di dalam robotik, misalnya ada Internet of Things (IoT), Artificial Intelligent (AI), Big Data, dan Machine Learning," kata Rudiantara.

Ia berharap suatu saat ada robot buatan Indonesia, seperti robot AI Sophia yang dibuat oleh Hanson Robotic. Robot Sophia bisa diajak berbicara layaknya manusia. 

Baca Juga: Diikuti 900 Peserta, World Robotic Explorer Perkenalkan Teknologi Robot untuk Pelajar

Baca Juga: Menkominfo Ungkap Pentingnya Pendidikan Robot Sejak Usia Dini

(DNA)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini