Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi Resmikan Pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 12:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 14 54 2116595 presiden-jokowi-resmikan-pengoperasian-palapa-ring-di-istana-negara-3oxGHsufPd.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA - Proyek pembangunan fiber optik kabel atau Palapa Ring telah selesai 100 persen. Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara pada hari ini atau Senin (14/10/2019).

"Bismillah saya resmikan pengoperasian Palapa Ring yang menghubungkan seluruh 514 kota dan kabupaten di seluruh indonesia," kata Joko Widodo.

Joko Widodo juga berharap Palapa Ring mampu memajukan sektor sosial, pendidikan, dan memperkuat UMKM untuk terhubung ke market place nasional. Selain itu, Palapa Ring mampu menyatukan Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

"Gunakan internet bijak, konektivitas untuk kebaikan bersama untuk persaudaraan sebagai sebuah bangsa," ungkap Joko Widodo.

Dalam kesempatan yang sama Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara melaporkan bahwa Palapa Ring Barat telah selesai tahun lalu, kemudian Palapa Ring Tengah telah selesai awal 2019.

Presiden Joki Widodo Resmikan Palapa Ring

Baca Juga: Robot Gantikan Pekerjaan Manusia di Masa Depan, Ini Kata Menkominfo

Sementara itu, Palapa Ring Timur selesai pada akhir Agustus 2019.

"Palapa Ring Timur rencananya harus selesai pada akhir kuartal kedua 2019, namun di Papua kondisi geografisnya tidak memungkinkan. Sehingga baru selesai pada akhir Agustus 2019. Di Papua kami membangun di 30 kabupaten yang tidak punya tulang punggung (backbone) jaringan berkecepatan tinggi. Palapa Ring itu seperti jalan tol untuk internet berkecepatan tinggi," ungkap Rudiantara.

Rudiantara juga mengungkapkan bahwa infrastruktur ICT Indonesia tertinggal dari negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Dalam peresmian pengoperasian Palapa Ring tersebut juga dilakukan video konferensi dangan pejabat Pemerintah Daerah dari Merauke, Sorong, Rote, Penajam Paser Utara dan Sabang.

Untuk diketahui, pembangunan Palapa Ring dan BTS merupakan wujud pemerintah untuk membangun daerah pinggiran dan menghilangkan kesenjangan digital. Proyek Palapa Ring menyediakan kabel fiber optik yang memungkinkan penyediaan akses internet yang menjangkau Indonesia wilayah bagian Barat, Tengah dan Timur.

Proyek tersebut didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui BP3TI yang kini dinamakan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan informatika (BAKTI). Dari proyek Palapa Ring diharapkan adanya internet yang cukup tinggi dengan 10 Mbps di wilayah pedesaan dan 20 Mbps di perkotaan.

Baca Juga: Analis Ungkap iPhone SE 2 Meluncur di Kuartal Pertama 2020

Baca Juga: Ini Penjelasan Mengapa iPhone 11 Pro Max Dibanderol Mahal

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini