Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Palapa Ring Digelar, BAKTI Berharap Tarif Layanan Data Lebih Murah

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 17:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 15 54 2117253 palapa-ring-digelar-bakti-berharap-tarif-layanan-data-lebih-murah-zdCfrwqAMq.jpg (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - Pengoperasian proyek Palapa Ring sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 15 Oktober 2019. Proyek ini diharapkan mampu meningkatkan koneksi internet secara menyeluruh di wilayah Indonesia.

Diharapkan mampu memperlancar jaringan internet, proyek Palapa Ring ini juga dikenal sebagai proyek 'tol langit.

Direktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo Anang Latif mengungkapkan bahwa Palapa Ring diharapkan mampu meningkatkan kekuatan ekonomi digital tidak hanya di wilayah Jawa namun sampai ke pelosok.

"Lima tahun belakangan ini dampak ekonomi digital semakin terasa. Internet biasanya digunakan untuk mencari informasi. Namun dengan meningkatnya ekonomi digital, kita melihat lahirnya startup-startup yang mampu mengubah gaya hidup kita. Di Pemerintah juga sekarang ini layanan perizinannya sekarang online, walau belum terintegrasi semuanya," kata Anang Latif dalam acara Forum Merdeka Barat 9 dengan tema 'Menghitung Dampak Palapa Ring' di kantor Kominfo, Selasa (15/10/2019).

Anang mengatakan, setelah proyek Palapa Ring selesai, peran operator diharapkan hadir untuk turut membangun infrastruktur dari sisi BTS. Anang mengungkapkan, nantinya akan menawarkan terlebih dahulu apakah operator akan membangun BTS, jika tidak Pemerintah akan membangunya melalui BAKTI.

 Pengoperasian proyek Palapa Ring sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 15 Oktober 2019.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara

"Biaya menggelar sampai ke timur itu luar biasa, biayanya sampai 3-4 kali daripada di darat. Membuat proyek Palapa Ring ini untuk menyiapkan jalan tol, tinggal bagaimana bisa terhubung. Konsepnya dalam telekomunikasi ini tidak bisa berjalan sendiri," kata Anang.

Lebih lanjut, Anang juga berharap dengan adanya proyek Palapa Ring tersebut mampu menghadirkan sinyal 4G sampai ke pelosok Kabupaten di Indonesia. Operator juga diharapkan mampu menggelar layanannya dengan harga yang murah.

"Selama ini harga datanya sama (Jawa dan Luar Jawa), akan tetapi kualitasnya berbeda. Ada sinyal 4G namun kualitasnya seperti 3G," kata Anang.

"Lebih kompleksnya lagi, bagaimana pemanfaatannya ini bisa positif. Tapi justru berdampak positif hampir semua sektor punya program unggulan bisa dituntaskan," imbuh Anang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini