Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Pemandangan Robot NASA InSight Ngebor Tanah Mars

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 20 Oktober 2019 09:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 20 56 2119237 ini-pemandangan-robot-nasa-insight-ngebor-tanah-mars-2n4ka4zJXb.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - Robot NASA InSight akhirnya bisa beroperasi kembali untuk melakukan pengeboran di tanah atau permukaan Mars. Sebelumnya, NASA InSight mengalami gangguan karena alat bor yang ada pada robot berhenti bergerak.

Dilansir Digitaltrends, masalah terhentinya mesin bor awalnya diduga karena menyentuh sebuah batu. Investigasi lebih lanjut menemukan adanya komposisi tanah yang digali oleh NASA InSight.

Tanah tersebut ternyata sangat keras, berarti bor tidak bisa menghasilkan gesekan yang cukup untuk dapat menggali dengan baik. Menggunakan teknik dengan memindahkan seluruh instrumen yang berisi 'mole, Heat Flow dan Physical Properties Package (HP3)' dan juga bantuan sekop di ujung lengan robot, akhirnya alat bor bisa beroperasi kembali.



Baca juga: Ini Jubah Baru Astronot Perempuan untuk Menjelajah Bulan

Kabarnya, NASA InSight telah menggali hampir 2 sentimeter dalam seminggu terakhir. Mungkin terdengar seperti pencapaian kecil, namun ini merupakan kemajuan yang signifikan mengingat gangguan selama enam bulan saat melakukan pengeboran.

Informasi yang beredar sebelumnya mengungkapkan, robot InSight milik NASA telah mendeteksi sinyal gempa di Mars atau yang disebut marsquake. Diketahui, sinyal-sinyal tersebut direkam pada 6 April 2019 dan tampaknya menjadi pendeteksi aktivitas seismik pertama di Mars.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini