Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

NASA Kirim Robot VIPER, Deteksi Kondisi Kutub Selatan Bulan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 27 Oktober 2019 11:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 27 56 2122274 nasa-kirim-robot-viper-deteksi-kondisi-kutub-selatan-bulan-A65tTgMCeN.jpg Robot VIPER NASA (Foto: Techeblog)

JAKARTA- NASA berencana untuk mengirimkan robot VIPER yang memiliki ukuran sebesar kereta golf ke bulan pada Desember 2020. Robot VIPER akan menyusuri Kutub Selatan Bulan untuk melihat lebih dekat lokasi dan konsentrasi air es di wilayah tersebut.

Dilansir dari laman Techeblog, Minggu (27/10/2019) VIPER merupakan Volatiles Investigating Polar Exploration Rover yang diatur untuk menjelajah beberapa mil menggunakan empat instrumen sains. VIPER nantinya diatur untuk mengumpulkan sekitar 100 hari data yang akan digunakan untuk menginformasikan peta sumber daya air global pertama Bulan.

Tujuan utama badan antariksa adalah untuk mencapai keberadaan jangka panjang yang berkelanjutan di Bulan, sehingga memungkinkan manusia untuk pergi ke Mars.

NASA Kirim Robot VIPER untuk Deteksi Kutub Selatan Bulan

Baca Juga: Sony Klaim PlayStation 5 Bakal Jadi Konsol Game Paling Cepat di Dunia

Penjelajah ini juga akan mengungkap misteri Kutub Selatan Bulan dengan mengumpulkan data tentang berbagai jenis lingkungan tanah yang dipengaruhi oleh cahaya dan suhu.

Sama seperti di Bumi, salah satu kunci hidup di Bulan adalah air. Karena konfirmasi es air bulan sepuluh tahun yang lalu, pertanyaannya sekarang adalah apakah Bulan benar-benar dapat mengandung jumlah sumber daya yang kita butuhkan untuk hidup di luar dunia.

"Penjelajah ini akan membantu kita menjawab banyak pertanyaan yang kita miliki tentang di mana air itu, dan berapa banyak yang bisa kita gunakan, ‚ÄĚkata manajer proyek VIPER,Daniel Andrews.

Baca Juga: Ponsel Hydrogen Terbaru Batal Meluncur, Ini Penyebabnya

Baca Juga: Kalahkan Amazon, Microsoft Menang Tender Layanan Cloud Pentagon

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini