Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

85 Persen Populasi Manusia Bernapas Lewat Satu Lubang Hidup

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 27 Oktober 2019 14:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 27 56 2122309 85-persen-populasi-manusia-bernapas-lewat-satu-lubang-hidup-iGukQhAma6.jpg Ilustrasi Hidung (Foto: Her)

JAKARTA- Fakta tantang tubuh manusia selalu menarik untuk dibahas. Ada satu fakta menarik yang mungkin jarang Anda ketahui, ternyata sekitar 85 Persen dari populasi manusia Bernapas hanya dari satu lubang hidup saja pada suatu waktu.

Menurut buku 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia, siklus bernapas dengan satu hidung itu terjadi karena adanya pola peralihan, biasanya selama empat jam atau lebih antara setiap peralihan. Selain itu, hal tersebut juga dapat terjadi berdasarkan posisi tubuh manusia atau saat hidung sedang flu.

85 Persen Populasi Manusia Bernapas dengan Satu Hidung

Baca Juga: Riset Ungkap Manusia Konsumsi Plastik Seberat Kartu Kredit Setiap Pekan

Siklus hidung tersebut menarik perhatian dokter spesialis hidung asal Jerman, Richard Kayser pada 1895. Menurut Kayser, hidung mengalami peralihan karena adanya jaringan erectile. Jaringan tersebut akan membengkak dalam beberapa kondisi, pada saat yang sama jaringan erectile pada hidung lainnya akan menyusut membuka jalan untuk kita bernapas.

Meskipun peralihan terjadi secara alami secara siklus. Namun, ini bisa terjadi ketika kita berbaring pada satu sisi badan setelah sekitar 12-15 menit. Jaringan erectile pada lubang hidung disisi kita berbaring akan membengkak, sisi lainnya akan mengurangi pembengkakan. Jadi ketikan manusia berbaring di sisi kiri maka, lubang hidung kanan akan terbuka dan sebelah kiri akan menutup.

Baca Juga: Ryan Kaji, Bocah 8 Tahun Mampu Hasilkan Rp308 Miliar Lewat YouTube

Baca Juga: NASA Kirim Robot VIPER, Deteksi Kondisi Kutub Selatan Bulan

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini