Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan Tanpa Tidur?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 28 Oktober 2019 08:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 27 56 2122313 berapa-waktu-paling-lama-manusia-bisa-bertahan-tanpa-tidur-MvWIyi7lW8.jpg Ilustrasi Manusia (Foto: NYPost)

JAKARTA - Begadang tampaknya menjadi kebiasaan manusia sekarang ini.  Begadang terkadang dilakukan untuk mengerjakan tugas yang menumpuk maupun hiburan seperti menonton drama. Namun, kebiasaan ini biasanya hanya terjadi menjelang tengah malam hingga subuh. Tahukah Anda ternyata manusia bisa terjaga lebih lama lagi.

Menurut eksperimen yang dilakukan oleh beberapa ahli, manusia normal mampu tidak tidur paling lama hingga 264 jam atau sekira 11 Hari. Beberapa subjek penelitian lainnya mengungkap bahwa manusia bisa tidak tidur selama 8 sampai 10 hari.

Manusia Bisa Bertahan Tanpa Tidur hingga 11 Hari

Baca Juga: Ryan Kaji, Bocah 8 Tahun Mampu Hasilkan Rp308 Miliar Lewat YouTube

Menurut buku 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia, dari beberapa penelitian tersebut, tidak ada satupun subjek yang mengalami masalah kesehatan yang serius. Namun, ada penurunan daya konsentrasi secara signifikan.

Menariknya, mereka mampu kembali normal dengan istirahat selama satu atau dua malam saja. Laporan juga menyebutkan bahwa tentara biasanya mampu terjaga hingga 4 hari selama pertempuran. Kemudian, pasien insomnia tanpa pengobatan tidak tidur hingga tiga sampai empat hari.

Baca Juga: 85 Persen Populasi Manusia Bernapas Lewat Satu Lubang Hidup

Baca Juga: Uniknya Ponsel Lipat TCL dengan Dua Lipatan, Ini Wujudnya

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini