Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Penyiaran, Menkominfo Johnny Fokus Migrasi TV Analog ke Digital

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 29 Oktober 2019 08:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 28 54 2122809 soal-penyiaran-menkominfo-johnny-fokus-migrasi-tv-analog-ke-digital-8p2aaG5vAP.jpg Ilustrasi (Foto: Wikipedia)

JAKARTA - Selain Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi dan Startup, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate mengungkapkan bahwa pihaknya akan menjadikan migrasi TV analog menjadi digital sebagai salah satu fokus utama.

"Migrasi TV analog ke TV digital membutuhkan legislasi yang kuat. Dan kami akan mendorong ini," kata Johnny dalam acara konferensi pers di Jakarta, Senin (28/10/2019).

Johnny menyebutkan pihaknya akan berkoordinasi dengan DPR RI untuk menyelesaikan Undang-Undang Penyiaran.

"Dunia telah berkembang di era TV digital, bahkan negara-negara ASEAN sudah melakukannya. Indonesia sudah menyiapkan cukup lama maka saya harapkan bersama para pimpinan, dirjen, sekjen Kominfo beserta tentu dengan lembaga negara lainnya dan secara khusus bersama DPR RI bisa menyelesaikan Undang-Undang penyiaran secepat mungkin," imbuh Menkominfo Johnny.

 Kominfo akan menjadikan migrasi TV analog menjadi digital sebagai salah satu fokus utama.

Baca juga: Kominfo Fokus Selesaikan UU Perlindungan Data hingga Program 4.000 BTS

Dia juga berharap untuk membuat satu roadmap agar digitalisasi TV Analog bisa dilakukan selambat-lambatnya tahun 2024.

"Kalau bisa dipercepat mengapa tidak. Nanti mungkin akan kita lakukan secara simultan di beberapa wilayah untuk peralihan dari analog ke digital apabila UU penyiaran bisa kita lakukan," kata Johnny.

Menkominfo Johnny mengatakan bahwa pihaknya tidak melihat banyak hambatan dalam mewujudkan undang-undang migrasi ini.

"Hanya tersisa beberapa komponen yang perlu diselesaikan. Sejumlah komponen ini dinilainya merupakan hal yang masih dapat dibicarakan sehingga tidak akan memakan waktu lama," kata Johnny.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini