Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BAKTI: Operator Berperan Melanjutkan Program Palapa Ring

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 01 November 2019 10:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 01 54 2124462 bakti-operator-berperan-melanjutkan-program-palapa-ring-oLkR6DRiky.jpg Ilustrasi Fiber Optic (Foto: Wired)

JAKARTA - Berkat tersambungnya infrastruktur Palapa Ring dari Sabang hingga Merauke, dari Mianggas hingga Pulau Rote, pertumbuhan ekonomi diharapkan tidak lagi terpusat di Jawa.

Direktur Utama BAKTI, Anang Latif mengungkapkan bahwa operator telekomunikasi juga berperan penting dalam melanjutkan program Palapa Ring. Pasalnya, lanjut Anang operator perlu menyambungkan jaringan dari kabupaten ke kecamatan.

“Menurut rencana, ada sekitar 5.000 BTS akan dibangun pada tahun 2020 untuk menguatkan sinyal 4G sampai ke seluruh pelosok Tanah Air," kata Anang dalam acara diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Kantor Kominfo, Kamis (31/10/2019).

Selain infrastruktur, Anang melanjutkan bahwa SDM dan talenta ekonomi digital juga diperlukan sejak dini. Bahkan, ketika ekosistem telah berkembang baik maka target tahun 2045 Indonesia menjadi kekuatan ekonomi dunia tidak mustahil dicapai.

 Operator Berperan Melanjutkan Program Palapa Ring

Baca Juga: E-commerce Perikanan Aruna Dilirik Investor Luar Negeri

Untuk diketahui, potensi ekonomi digital di Indonesia dari tahun ke tahun makin besar. Hasil riset berjudul e-Conomy SEA 2019 yang dilansir Google, Temasek dan, Bain & Company menaksir potensi ekonomi digital di Indonesia bakal menyentuh USD133 miliar atau Rp1.862 triliun di 2025.

Luas wilayah dan jumlah penduduk sekitar 265 juta jiwa merupakan potensi yang nyata. Selain itu pembangunan infrastruktur dan ekosistem ekonomi digital yang terus membaik dan membuat Indonesia menjadi negara yang pertumbuhan omzet ekonomi digital yang paling moncer di kawasan Asia Tenggara dengan raihan hingga 49 persen.

Baca Juga: Electronic Arts Siapkan Game Olahraga Baru, Rilis di PS5?

Baca Juga: Palapa Ring Diharapkan Jadi Sarana Peningkatan Ekonomi Digital Indonesia

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini