Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Astronom Temukan Exoplanet Langka Berjarak 11,6 Tahun Cahaya

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 05 November 2019 10:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 04 56 2125560 astronom-temukan-exoplanet-langka-berjarak-11-6-tahun-cahaya-x5WOZc3j1E.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - Astronom mengklaim menemukan exoplanet jenis langka yang berjarak 11,6 tahun cahaya dari Bumi. Exoplanet itu bernama Super-Neptunus.

Dilansir Digitaltrends, planet jenis ini lebih besar dari Neptunus dan sekitar lima sampai tujuh kali ukuran Bumi. Ini berbeda dari jenis exoplanet yang biasanya ditemukan oleh alat saat ini, yang biasanya disebut super-Bumi atau gas raksasa mirip dengan Jupiter atau Saturnus.

Super-Neptunus ini terletak di sistem biner Gliese 15, di mana planet-planet bergerak di sekitar dua bintang katai merah. Para astronom pertama kali tertarik pada sistem ini pada 2014, ketika mereka menemukan super-Bumi yang mengorbit di sekitar bintang yang lebih besar, yang disebut Gliese 15A.

Super-Bumi ini bernama Gliese 15Ab, sangat dekat dengan bintang dengan periode orbit hanya 11,44 hari. Sehingga memiliki suhu permukaan yang sangat tinggi yaitu 530 derajat Fahrenheit (276 derajat Celcius).

 Astronom mengklaim menemukan exoplanet jenis langka yang berjarak 11,6 tahun cahaya dari Bumi.

Baca juga: Ini Penjelasan Mengapa iPhone 11 Pro Max Dibanderol Mahal

Tim menemukan planet menggunakan metode yang disebut kecepatan radial atau spektroskopi Doppler. Metode ini menganalisis pergerakan kecil bintang-bintang, karena bintang-bintang dipengaruhi oleh planet-planet yang bergerak di sekitarnya.

Menggunakan alat yang disebut spektrometer yang mengukur cahaya dalam pita tertentu dari spektrum elektromagnetik, para astronom dapat melihat bagaimana cahaya dari sebuah bintang bergeser ke sisi biru atau merah dari spektrum karena efek Doppler.

Apabila ada siklus redshifting ke blueshifting, itu menunjukkan bintang bergerak bolak-balik, yang pada gilirannya menunjukkan keberadaan sebuah planet.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini