Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tren Streaming Jadi Alasan YouTube Music Hadir di Indonesia

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 06 November 2019 10:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 05 207 2125994 tren-streaming-jadi-alasan-youtube-music-hadir-di-indonesia-sfPbikMCE8.jpg Ilustrasi YouTube Music (Foto: NDTV Gadgets)

JAKARTA - YouTube akhirnya resmi merilis aplikasi YouTube Music di Indonesia. Group Product Manager Google, Brandon Bilinski dalam video conference di Kantor Google Indonesia mengungkapkan bahwa pihaknya berharap bahwa aplikasi ini memiliki peluang yang besar. Pasalnya potensi industri music streaming di Indonesia sangat tinggi.

Untuk bisnis streaming global, IFPI (International Federation of the Phonographic Industry) menunjukkan bahwa secara global industri musik pada sisi rekaman bernilai sekitar USD19 Miliar. Adapun pada 2018, 47 persen nilai tersebut berasal dari streaming.

"Dan jika kita lihat nilainya industri musik Indonesia, nilainya sekitar USD41 juta dan 46% dari itu berasal dari streaming. Jadi, streaming sangat penting bagi industri musik Indonesia dan partisipasi kami dalam juga sangat penting karena kami berharap dengan peluncuran YouTube Music dan YouTube Premium kami. Tujuannya adalah untuk menghasilkan pendapatan nomor satu untuk industri musik dan kami siap berkembang sangat jauh," kata Brandon.

YouTube Music dan YouTube Premium Resmi Hadir di Indonesia

Baca Juga: Usung Kamera 108MP, Galaxy S11 Lebih Canggih Dibanding Mi Note 10?

Untuk informasi, YouTube Music kabarnya kini telah hadir di sekitar 71 negara. Adapun beberapa fitur yang dihadirkan yakni 'smart search’, dimana pengguna dapat mencari lagu dengan lirik lagu. Kemudian ada ‘smart download’, dimana pengguna bisa mendownload hingga 500 lagu menggunakan wifi berdasarkan selera musik. Sehingga bisa didengarkan secara offline.

Kemudian pengguna juga bisa beralih dari audio ke video. Terakhir, ada fitur Rilis Baru, dimana akan ada rekomendasi lagu yang baru dirilis sesuai dengan selera mudik Pengguna. Rilis Baru akan diperbarui setiap jumat di aplikasi YouTube Music.

Baca Juga: Samsung Siapkan Ponsel Terbaru dengan Gaya Flip dan Lipat

Baca Juga: Bawa Kamera 108MP, Ini Tanggal Rilis Xiaomi Mi Note 10

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini