Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bikin Perusahaan Tunggal, Line dan Yahoo Jepang Bakal Merger

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 14:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 14 207 2129783 bikin-perusahaan-tunggal-line-dan-yahoo-jepang-bakal-merger-fB3AEroNeg.jpg (Foto: Tradingpeek)

JAKARTA - Aplikasi perpesanan Line dan Yahoo Jepang dikabarkan akan bergabung dan membentuk perusahaan teknologi tunggal. Kedua aplikasi berasal dari dua perusahaan yang berbeda.

Saat ini, Yahoo Jepang 100 persen dimiliki oleh Z Holdings, sebuah perusahaan yang dikendalikan oleh perusahaan telekomunikasi Jepang SoftBank. Sementara itu, Line Corporation dimiliki oleh Naver Corporation yang merupakan raksasa internet Korea Selatan.

Dilansir dari laman Tech Crunch, Kamis (14/11/2019), menurut laporan Nikkei, kedua perusahaan masih membahas ketentuan kesepakatan. Line mengoperasikan salah satu aplikasi perpesanan paling populer di Jepang.

Selain percakapan, perusahaan mengoperasikan Line Pay, Line Taxi, dan layanan lainnya.

Yahoo Jepang pada awalnya dibentuk oleh Yahoo dan SoftBank pada akhir 1990-an. Ke tika Verizon mengakuisisi Yahoo pada tahun 2017, Verizon tidak mengakuisisi saham Yahoo di Alibaba dan Yahoo Jepang. Yahoo menciptakan perusahaan bernama Altaba untuk memegang saham-saham itu.

 Line dan Yahoo Jepang dikabarkan akan bergabung dan membentuk perusahaan teknologi tunggal.

Baca juga: Kadar Oksigen di Planet Mars Melonjak Naik

Altaba pertama kali menjual sahamnya di Yahoo Jepang. Pada Juli 2018, SoftBank mengakuisisi bagian dari saham Altaba di Yahoo Jepang untuk meningkatkan kepemilikannya atas Yahoo Jepang.

Altaba kemudian menjual sisa saham Yahoo Jepang, saham Alibaba dan ditutup . Pada tahun 2019, SoftBank menerima saham tambahan untuk menjadi perusahaan induk Yahoo Jepang .

Yahoo Jepang cukup besar di Jepang, perusahaan memiliki bisnis periklanan online, bisnis e-commerce, layanan keuangan dan banyak lagi. Yahoo Jepang dan Line mungkin berharap untuk menjangkau lebih banyak pengguna dan meningkatkan keterlibatan dengan merger.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini