Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Microsoft Matikan Cortana di Android dan iOS pada Januari 2020

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 17 November 2019 14:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 17 57 2130953 microsoft-matikan-cortana-di-android-dan-ios-pada-januari-2020-EuXW5owciG.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Microsoft dikabarkan akan menghapus aplikasinya Cortana di Android dan iOS pada 31 Januari 2020. Hal tersebut lantaran, aplikasi asisten digital akan diintegrasikan ke dalam Microsoft 365.

Dilansir dari laman Digital Trends, Minggu (17/11/2019) Microsoft mengatakan bahwa konten yang dibuat Cortana, seperti pengingat dan daftar tidak akan lagi tersedia di aplikasi seluler dan Microsoft Launcher untuk Android.

Konten yang dibuat Cortana masih dapat diakses melalui versi digital dari asisten digital. Pengingat, daftar, dan tugas di Cortana juga secara otomatis ditambahkan ke aplikasi Microsoft To Do, yang tersedia sebagai unduhan gratis untuk ponsel cerdas.

Aplikasi Cortana digunakan untuk konfigurasi pengaturan dan pembaruan firmware untuk perangkat seperti Surface Headphone. Masih belum jelas bagaimana fitur ini akan diakses setelah aplikasi dimatikan.

 Microsoft Bakal Matikan Cortana di Android dan iOS pada Januari 2020

Baca Juga: Ternyata Kuda Laut, Satu-satunya Hewan Jantan yang Melahirkan

Awal tahun ini, Microsoft mulai bekerja pada aplikasi Cortana untuk PC Windows 10, membebaskannya dari sistem operasi sehingga pembaruan untuk asisten digital akan lebih cepat. Hal ini dilakukan untuk memberi Cortana ruang untuk tumbuh dan menjadi lebih kompetitif, karena tertinggal di belakang para pesaingnya seperti Alexa Amazon, Asisten Google, dan Siri Apple.

Cortana kemudian dilaporkan menjalani perombakan besar untuk pembaruan Windows 10 20H1 pada awal 2020, menambahkan antarmuka pengguna berbasis obrolan baru di antara perubahan utama lainnya.

Cortana tidak disebutkan sama sekali di acara Surface Microsoft pada bulan Oktober, meskipun ada peluang untuk integrasi di Surface Earbuds. Asisten digital, bagaimanapun, hadir pada konferensi Ignite 2019 baru-baru ini, di mana diumumkan bahwa Cortana akan diintegrasikan ke dalam Microsoft 365 dimulai dengan Outlook mobile. Play My Emails yang didukung Cortana telah diluncurkan ke Outlook untuk iOS, dengan fitur untuk sampai pada versi Android dari aplikasi pada musim semi 2020.

Untungnya bagi penggemar Cortana di Amerika Serikat, ada secercah harapan bahwa aplikasi seluler akan tetap berfungsi. Artikel pendukung yang mengumumkan rencana penutupan hanya ditemukan di Britania Raya, Kanada, dan Australia, bukan untuk Amerika Serikat.

Microsoft belum mengkonfirmasi alasan untuk artikel dukungan yang hilang, dan jika aplikasi Cortana akan dihapus hanya di pasar tertentu atau secara global.

Baca Juga: Realme Bakal Hadirkan Realme 5s dengan Snapdragon 665

Baca Juga: Huawei Mate X Dijual Tanpa Aplikasi Google, Ini Harganya

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini