Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Fitur WhatsApp untuk Lindungi Privasi Pengguna

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 18 November 2019 13:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 18 207 2131248 ini-fitur-whatsapp-untuk-lindungi-privasi-pengguna-nT4R1fJX3O.jpg Ilustrasi WhatsApp (Foto: Hypebeast)

JAKARTA - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang digunakan di Indonesia. Bahkan berdasarkan data dari Digital Report 2019 yang dirilis We are Social dan Hootsuite, terdapat 83 persen pengguna internet di Indonesia yang merupakan pengguna WhatsApp.

Adapun pengguna internet di Indonesia mencapai 171 juta. Meskipun demikian tingginya angka pengguna ini juga meningkatkan risiko pelanggaran privasi dan data pribadi. Direktur Kebijakan APAC WhatsApp, Claire Deevy mengungkapkan bahwa WhatsApp memiliki beberapa fitur yang dihadirkan untuk mencegah pelanggaran data dan privasi.

 Ini Fitur WhatsApp untuk Lindungi Privasi Pengguna

Baca Juga: Setelah Harmonisasi Kementerian RUU PDP Diserahkan ke DPR

"Kalau kita bicara mengenai keamanan dan keselamatan WhatsApp. Kami memiliki 3 hal yang kami fokuskan. Pertama adalah untuk mengedukasi pengguna, kemudian menangani penyalahgunaan aplikasi dan terakhir kami bekerjasama dengan masyarakat sipil seperti dengan ICT Watch," kata Claire dalam pembukaan Program Literasi Privasi dan Keamanan Digital, di Kantor Kominfo, Senin (18/11/2019).

Claire mengungkapkan beberapa fitur yang dihadirkan WhatsApp, pertama pengguna dapat melaporkan atau memblokir pengguna asing yang mengirimkan pesan. Kemudian, WhatsApp juga akan memberi tahu pengguna bahwa pesan yang dikirimkan oleh pengirim merupakan pesan asli atau pesan forward.

Hal tersebut menurut Claire penting lantaran pesan forward berpotensi mengandung berita bohong atau misinformasi.

"Kemudian kami melangkah lebih jauh lagi, jumlah pesan yang bisa di-forward itu hanya bisa dikirimkan maksimal ke 5 grup. Dan dari inisiatif tersebut data yang kami dapat sudah ada 25 persen penurunan pesan yang diteruskan ke grup WhatsApp," kata Claire.

"Yang kami yakini adalah dengan memberi pembatasan seperti itu kami bisa membantu menanggulangi ketika ada penyebaran informasi yang keliru atau yang salah," imbuh Claire.

Ini Fitur WhatsApp untuk Lindungi Privasi Pengguna

Lebih lanjut, Claire juga melanjutkan bahwa pekan lalu pihaknya bersama Menkominfo meluncurkan fitur baru WhatsApp di Indonesia. WhatsApp menawarkan setting WhatsApp baru yang memudahkan pengguna untuk memilih siapa yang bisa menambahkan mereka ke grup WhatsApp.

"WhatsApp juga ada program edukasi masyarakat di mana aplikasi itu untuk tujuan yang baik tujuan yang positif bukan menyebar hoaks. Kami juga secara proaktif menyisir akun-akun yang mungkin fake dan juga meluncurkan program-program seperti ini untuk menjaga keamanan," kata Claire.

Baca Juga: Kominfo dan WhatsApp Kerjasama Edukasi Literasi Privasi dan Keamanan Digital

Baca Juga: Bakteri ini Hidup di Kopi, Bisa Ubah Kafein Jadi CO2 dan Amonia

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini