Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ungguli Instagram, TikTok Diunduh 1,5 Miliar Pengguna

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 19 November 2019 06:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 18 207 2131404 ungguli-instagram-tiktok-diunduh-1-5-miliar-pengguna-RKzyjA1hQM.jpg Ilustrasi TikTok (Foto: Business Insider)

JAKARTA- Situs analisis aplikasi Sensor Tower melaporkan bahwa TikTok telah diunduh hingga 1,5 miliar kali hingga saat ini. Pengguna aplikasi berbagi video ini terus tumbuh dari tahun lalu. Pertumbuhannya mencapai 6 persen.

Dilansir dari laman Business Insider, Selasa (19/11/2019) TikTok pun menjadi aplikasi ketiga yang paling banyak diunduh di luar game tahun ini. Adapun aplikias nomr satu yakni WhatsApp, yang kedua yakni Messenger. Sementara itu, aplikasi paling banyak diunduh yang keempat dan kelima yakni Facebook dan Instagram.

Pada Februari tahun ini, TikTok mencapai unduhan hingga 1 miliar. Kemudian sejauh ini aplikasi telah meraup pengguna hingga 614 juta unduhan hingga tahun ini.

Sebagian besar pertumbuhan TikTok dikatakan didorong oleh ledakan pengguna di India, yang menyumbang 31 persen dari unduhan aplikasi. Kemudian, pada terbesar kedua adlah China yang memiliki 11,5 persen pengguna dari total unduhan. Ketiga yakni Amerika Serikat yang mencapai 8,2 persen.

Ungguli Instagram, TikTok Diunduh 1,5 Miliar Pengguna

Baca Juga: Tips Memotret Lampu-Lampu Kota di Malam Hari

Menariknya, TikTok menjadi satu-satunya aplikasi di lima besar yang tidak dimiliki oleh Facebook. Pesaing utama TikTok dari daftar aplikasi milik Facebook yakni Instagram.

Instagram memiliki satu miliar pengguna aktif bulanan pada tahun 2018, menunjukkan bahwa jumlahnya sekarang lebih tinggi. TikTok mencapai tonggak sejarah yang sama pada Juni 2019 . Jadi Instagram mungkin unggul dengan selisih yang kecil.

Facebook telah melakukan upaya sadar untuk meniru kesuksesan TikTok. Pada November 2018 Facebook meluncurkan aplikasi berbagi video mandiri bernama Lasso.

Awal bulan ini Instagram mulai menguji fitur baru yang disebut Reels dengan para penggunanya di Brasil, yang secara luas dianggap sebagai fitur mirip TikTok.

Baca Juga: Ini Data Pribadi yang Tak Boleh Di-share di Media Sosial

Baca Juga: Hati-Hati, Malware Bisa Disebar Melalui Video di WhatsApp

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini