Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bakteri ini Hidup di Kopi, Bisa Ubah Kafein Jadi CO2 dan Amonia

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 18 November 2019 10:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 18 56 2131065 bakteri-ini-hidup-di-kopi-bisa-ubah-kafein-jadi-co2-dan-amonia-XrAGr3UwUl.jpg Ilustrasi Kopi (Foto: Forbes)

JAKARTA- Mahasiswa Universitas Lowa telah menemukan bakteri yang bisa mendegradasi kafein. Bakteri tersebut dinamakan Pseudomonas putida CBB5 yang bisa mengubah kafein menjadi CO2 dan amonia. Bakteri tersebut bisa hidup dalam lingkungan dengan kadar kafein 2,5 gram/liter, yang bagi banyak bakteri sudah tergolong toksik.

Dikutip dari buku 'Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia', dengan mendegradasi kafein yang terdiri atas unsur karbon, oksigen, nitrogen, dan hidrogen, Pseudomonas putida CBB5 bakteri yang doyan makan kopi ini, mendapatkan nutrisi yang penting untuk hidupnya.

Bakteri ini Hidup di Kopi, Bisa Ubah Kafein Jadi CO2 dan Amonia

Baca Juga: imoo Hadirkan imoo Watch Phone Z6 Edisi Terbatas Frozen II

Proses degradasi tersebut dibantu dengan tiga macam enzim yang dimiliki bakteri tersebut. Mneurut sang penemu, dirinya tak terkejut saat menemukan hasil penelitian ini. Kafein sebenarnya berkaitan dengan limbah cair rumah tangga dan limbah industri. Akan tetapi, alasan mengapa ada bakteri yang berevolusi tumbuh di lingkungan dengan kafein.

Baca Juga: Facebook Hadirkan Fitur Mirip Umpan Instagram

Baca Juga: Microsoft Matikan Cortana di Android dan iOS pada Januari 2020

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini