Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Astronom Ciptakan Peta Bulan Terbesar Milik Saturnus 'Titan'

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 19 November 2019 19:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 19 56 2131868 astronom-ciptakan-peta-bulan-terbesar-milik-saturnus-titan-DO5gO5UTEk.jpg Ilustrasi Titan (Foto: Nature)

JAKARTA- Para astronom telah menggunakan data dari misi Cassini NASA untuk memetakan seluruh permukaan Titan, bulan terbesar Saturnus. Peta tersebut mengungkapkan medan beragam seperti gunung, dataran, lembah, kawah dan danau.

Dilansir dari laman Nature, Selasa (19/11/2019) pesawat ruang angkasa Cassini telah mengorbit Saturnus sejak 2004 hingga 2017. Cassini mengumpulkan informasi tentang Saturnus dari tahun 2004 hingga 2017 serta bulan di sekitarnya.

Misi tersebut mencakup lebih dari 100 fly-bys Titan, yang memungkinkan para peneliti untuk melihat permukaan bulan melalui atmosfernya yang tebal dan mensurvei medannya dengan detail yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Rosaly Lopes, seorang ilmuwan planet di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California, dan rekan-rekannya menjahit gambar dan pengukuran radar yang diambil oleh pesawat ruang angkasa untuk menghasilkan peta global pertama dari Titan. Mereka menerbitkannya pada 18 November di Nature Astronomy.

Astronom Ciptakan Peta Bulan Terbesar Milik Saturnus 'Titan'

Baca Juga: Google Maps Uji Fitur Jejaring Sosial Baru di Beberapa Kota

“Titan memiliki atmosfer seperti Bumi. Ada angin, hujan, ada gunung. Ini adalah dunia yang sangat menarik, dan salah satu tempat terbaik di Tata Surya untuk mencari kehidupan,” kata Lopes.

Hampir dua pertiga permukaan Titan terdiri dari dataran datar, ungkap peta itu, dan 17% ditutupi oleh bukit pasir yang dibentuk oleh angin, sebagian besar di sekitar khatulistiwa.

Sekitar 14% dari permukaan diklasifikasikan sebagai 'hummocky' berbukit atau bergunung dan 1,5% adalah medan 'labirin'. Ada hal yang mengejutkan bahwa sedikit kawah tumbukan, menunjukkan bahwa permukaan bulan cukup muda.

Baca Juga: Teleskop NASA Hubble Tangkap Foto Galaksi yang Menakjubkan

Baca Juga: Aura Kasih Hilang Rp11 Juta di Gopay, Gojek Imbau Tak Beritahu Kode OTP

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini