Gandeng GoApotik, Tokopedia Mudahkan Masyarakat Beli Obat

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 21 November 2019 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 21 207 2132689 gandeng-goapotik-tokopedia-mudahkan-masyarakat-beli-obat-pWzihE0HXS.jpg (Foto: Tokopedia)

JAKARTA - Tokopedia baru-baru ini mengumumkan kemitraan strategis dengan GoApotik untuk mempermudah masyarakat mendapatkan obat-obatan serta perlengkapan kesehatan, seperti obat bebas dan obat resep.

“Tokopedia selalu berkolaborasi dengan para mitra strategis kami untuk mempermudah kehidupan masyarakat, termasuk di bidang kesehatan," kata AVP of Business Tokopedia, Jessica Stephanie Jap melalui keterangan resmi kepada Okezone.

Perusahaan melihat adanya kebutuhan signifikan dari masyarakat terhadap obat-obatan serta perlengkapan kesehatan di Tokopedia. Menurut data internal, jumlah transaksi pada kategori Kesehatan mengalami kenaikan lebih dari 200 persen dari Juli hingga September 2019.

“Melihat adanya kebutuhan tersebut, Tokopedia kini bekerja sama dengan GoApotik untuk mempermudah masyarakat Indonesia mendapatkan perlengkapan kesehatan secara lebih pasti dan aman. Masyarakat bisa membeli berbagai macam obat, seperti obat bebas dan obat resep, lewat sejumlah mitra apotek resmi dari GoApotik yang telah bergabung di Tokopedia,” lanjut Jessica.

Pihaknya berharap mitra apotek ini, yang merupakan pegiat UMKM, dipermudah untuk menciptakan peluang lewat berbisnis di Tokopedia, sehingga masyarakat Indonesia dapat menikmati manfaat, keamanan serta kemudahan dari produk obat dan perlengkapan kesehatan di platform Tokopedia.

 Tokopedia baru-baru ini mengumumkan kemitraan strategis dengan GoApotik.

Baca juga: Teleskop NASA Hubble Tangkap Foto Galaksi yang Menakjubkan

Tidak hanya itu, masyarakat dapat menebus resep dokter secara online melalui pengunggahan resep pada fitur Chat bersama apoteker setelah melakukan pembayaran. Resep yang diterima akan diperiksa keaslian dan keabsahannya oleh apotek mitra dari GoApotik.

Setelah itu, apotek mitra akan membantu menyiapkan obat sesuai resep dan melakukan pengantaran obat bersama mitra logistik Tokopedia ke alamat pembeli.

Head of GoApotik, Mohamad Salahuddin, menjelaskan bahwa dengan kerjasama strategis antara GoApotik dan Tokopedia ini adalah langkah strategis untuk bersama-sama menghadirkan pelayanan kefarmasian dan penjualan obat-obatan oleh apotek yang resmi dan obat yang berizin edar serta meningkatkan eksistensi apotek dan peran apoteker di Indonesia di era digital.

GoApotik memiliki peran sebagai PSEF (Penyedia Sarana Elektronik Farmasi) yang digagas oleh Kementrian Kesehatan. GoApotik berperan untuk menghadirkan apotek yang legal, berlisensi dan terverifikasi, mendorong peran apoteker untuk dapat melayani tanya jawab pasien mengenai obat-obatan yang dibeli dan dikonsumsinya.

Tokopedia telah bekerjasama dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dalam melakukan pengawasan terhadap peredaran, pengiriman, promosi, serta iklan penjualan obat dan makanan di platform Tokopedia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini