Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiga Lubang Hitam Supermasif Ditemukan di Pusat Satu Galaksi

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 24 November 2019 17:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 24 56 2133846 tiga-lubang-hitam-supermasif-ditemukan-di-pusat-satu-galaksi-8HMzMYKs58.jpg Ilustrasi Lubang Hitam (Foto: Ist)

JAKARTA- Pengamatan baru menunjukan bahwa galaksi tidak beraturan NGC 6240 menampung tiga lubang hitam supermasif pada intinya. Menariknya, lubang hitam ini begitu dekat satu sama lain.

Dilansir dari laman Tech Explorist, Minggu (24/11/2019) pengamatan lubang hitam dilakukan oleh tim penelitian internasional yang dipimpin oleh para ilmuwan dari Gottingen dan Potsdam menggunakan teleskop VLT 8 meter. Teleskop tersebut dioperasikan oleh European Southern Observatory di Chile.

Spektograf MUSE 3D digunakan dalam mode spasial resolusi tinggi bersama dengan empat bintang laser yang diproduksi secara artifisial dan sistem optik adaptif. Gambar lubang hitam supermasif diperoleh menggunakab teknologi canggih dengan ketajaman seperti Hubble Space Telescope, namun juga mengandung spektrum untuk tiap piksel gambar.

Tiga Lubang Hitam Supermasif Ditemukan di Pusat Satu Galaksi

Baca Juga: Microsoft Dapat Lisensi untuk Jual Perangkat Lunak ke Huawei

Spektrum ini sangat menentukan dalam menentukan pergerakan dan massa lubang hitam supermasif di Galaksi NGC 6240. Galaksi tersebut dikenal sebagai galaksi tidak beraturan karena bentuknya yang khusus.

Sampai sekarang, para ilmuwan menganggap bahwa galaksi terbentuk karena tumbukan dua galaksi yang lebih kecil dan karenanya mengandung dua lubang hitam di intinya. Nenek moyang galaksi ini bergerak ke arah satu sama lain dengan kecepatan beberapa km 100/s dan masih dalam proses penggabungan.

Baca Juga: Kapan Ponsel 5G Murah Siap Hadir di Pasar?

Baca Juga: Teleskop Hubble Amati Ledakan Sinar Paling Kuat di Alam Semesta 'Gamma'

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini