Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Permintaan Nadiem Makarim untuk Google

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 25 November 2019 15:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 25 207 2134183 ini-permintaan-nadiem-makarim-untuk-google-krdy8PqBb5.jpg Ilustrasi Google (Foto: 9to5Google)

JAKARTA- Google telah meluncurkan program Bangkit beberapa waktu lalu. Program Bangkit ini berupa pelatihan selama enam bulan untuk membantu membangun SDM developer andal. Program gratis ini akan dimulai pada Januari 2020 dan saat ini masih dalam proses pendaftaran.

Program ini diharapkan mampu mendorong developer di seluruh Indonesia meningkatkan keterampilan teknis dan soft skill. Selain itu mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang dinamis.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Indonesia, Nadiem Makarim mengungkapkan bahwa dirinya menyambut baik program pendidikan teknologi di Indonesia. Pertama lantaran, dirinya memang berada dibidang teknologi sebelumnya sebagai pendiri Go-Jek. Nadiem juga menyebutkan bahwa untuk mendapatkan SDM yang unggul , Indonesia tidak bisa mengikuti negara lain.

“Kita harus shortcut-shortcut yaitu melalui digitalisasi, melalui pendidikan teknologi. Mungkin banyak mis persepsi apa pentingnya teknologi, yang lebih penting lagi dari software-nya itu adalah bagaimana teknologi itu membentuk manusia, bagaimana teknologi itu meng-inhands kapabilitas semua manusia,” kata Nadiem dalam acara Google for Indonesia.

 Ini Permintaan Nadiem Makarim untuk Google

Baca Juga: Menkominfo : Pembangunan Infrastruktur Digital Harus Berlanjut

Menurut dia dengan teknologi manusia dapat memiliki dampak, bahkan menjadi 10 kali lipat lebih efektif, lebih produktif, dan lebih efisien.

“Kedua pentingnya teknologi dalam membangun teknologi cara kita bekerja harus berbeda, yang dilakukan pemerintah Indonesia hari ini adalah paradigma dimana kita melayani bukan hanya mengatur dan bikin aturan,” kata dia.

Nadiem juga meminta beberapa hal kepada Google. Pertama Nadiem meminta Google dan perusahaan teknologi lainnya untuk menjadikan Indonesia sebagai prioritas nomor satu di dunia. Dia juga mengharapkan kerjasama yang sangat intensif antara Google dan Pemerinta, namun jangan skala-skala kecil.

“Google, Unicorn dan starup lainya kita butuh ini mohon paradigmanya diubah jangan segan-segan lagi ke Pemerintah,” kata Nadiem.

Baca Juga: Vivo Resmi Luncurkan S1 Pro, Ini Spesifikasi dan Harganya

Baca Juga: Kominfo Siapkan Pengendali Frekuensi Radio Terampil

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini