Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indosat Ooredoo Umumkan Pemenang Kompetisi Hackdata

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 28 November 2019 14:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 28 54 2135527 indosat-ooredoo-umumkan-pemenang-kompetisi-hackdata-9k0wMxShTV.jpeg Pemenang Kompetisi Hackdata Indosat Ooredoo (Foto: Indosat Ooredoo)

JAKARTA- Indosat Ooredoo telah menyelenggarakan kompetisi hackdata. Ini merupakan kompetisi hackdata pertama di Indonesia. Kompetisi digelar melalui rangkaian acara IDCamp Hackdata 2019.

IDCamp Hackdata Indosat Ooredoo merupakan kompetisi yang menggabungkan Hackathon dan Datathon. Tepatnya kompetisi pembuatan aplikasi, penggunaan analisa data dengan menggunakan data set dari Pemerintah Daerah serta Application Program Interface (API) dari Indosat Ooredoo.

Para pemenang IDCamp Hackdata 2019 pun diumumkan hari ini di Jakarta. Para pemenang telah melalui proses seleksi dan penjurian dengan berbagai kriteria seperti orisinalitas, dampak, kesiapan implementasi, serta penggunaan data set dan API dari Indosat Ooredoo.

Sebanyak 10 finalis yang terpilih dari ratusan peserta, akan mendapatkan program inkubasi dari Indosat Ooredoo untuk mematangkan karya mereka.

“Indosat Ooredoo menyadari bahwa analisa dan utilisasi big data akan menjadi kunci bagi perusahaan dan industri ke depan. Pada hari ini, dengan bangga kami hadirkan 3pemenang dari 10 finalis terbaik IDCamp HackData 2019. Dari jumlah peserta yang ikut serta juga jauh lebih baik dari perkiraan mengingat hal ini adalah yang pertama di Indonesia," kata Director & Chief Innovation and Regulatory Officer Indosat Ooredoo, Arief Musta’in dalam keterangan resminya, Kamis (28/11/2019).

Indosat Ooredoo Umumkan Pemenang Kompetisi Hackdata

Baca Juga: Menjadi Powerful Creator dengan Fitur Kamera Pro-Grade Samsung Galaxy Note10|10+

Tiga pemenang tersebut yakni juara satu Gama Squad, Juara dua Srikandi, dan Juara 3 Lantai 5. Terdapat 287 proposal yang masuk dari seluruh Indonesia, suatu angka yang cukup besar.Dalam kompetisi ini, Indosat Ooredoo memanfaatkan portal open data milik pemerintah daerah, dengan menyediakan total 346 data set (122 data set milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, 214 data set milik Pemerintah Kota Bandung dan 10 data set milik Indosat Ooredoo) serta 19 API Indosat Ooredoo yang dapat digunakan dalam pengembangan solusi inovatif ini.

Adapun tema dalam Hakcdata 2019 ini antara lain: Pemerintahan Terbuka (Open Government), Kesehatan (Health), Kota Cerdas (Smart City), dan Bisnis (Business). Sementara itu, menyadari pentingnya data analytics, pada kesempatan yang sama Indosat Ooredoo juga menyelenggarakan seminar dengan topik “Big Data analysis: Key Success for Future Competition."

Baca Juga: Intip Harga iPhone 11 Series di Indonesia

Baca Juga: Ini Alasan realme Tak Labeli X2 Pro sebagai Ponsel Gaming

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini