Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Google Luncurkan Mode Focus untuk Kurangi Penggunaan Ponsel

Muhammad Ferdiansyah, Jurnalis · Kamis 05 Desember 2019 20:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 05 207 2138443 google-luncurkan-mode-focus-untuk-kurangi-penggunaan-ponsel-ovPLXUNoEv.jpg (Foto: The Verge)

JAKARTA - Google akan membantu Anda untuk mengurangi waktu penggunaan ponsel dengan mode Focus. Setelah pertama kali mengumumkan fitur ini di event IO pada Mei, Google akhirnya merilis secara resmi mode Focus untuk perangkat Android 9 dan 10.

Dilansir dari laman Cnet.com, Kamis (5/12/2019), mode baru ini merupakan bagian dari Digital Wellbeing Google di Android dan dirancang untuk membantu Anda menghilangkan beberapa gangguan dari ponsel sehingga Anda dapat fokus pada apa yang Anda lakukan.

Saat fitur ini diaktifkan, Anda dapat memilih aplikasi yang menurut Anda paling mengganggu seperti aplikasi media sosial, aplikasi video, atau game. Jika Anda mencoba membukanya, mode Focus akan "mengingatkan Anda bahwa aplikasi itu sedang diberhentikan," tulis manajer proyek Android Dayson Pais dalam posting-an blog yang mengumumkan peluncuran fitur ini.

Fitur ini akan “membungkam pemberitahuan aplikasi yang Anda inginkan hingga Anda siap untuk keluar dari mode" untuk membantu meminimalkan godaan. Mode Focus memiliki fitur pengaturan otomatis, yang memungkinkan layanan ini hidup atau mati sesuai keinginan penggunanya.

Misalnya, Anda ingin mengaktifkan mode tersebut mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 17.00 pada Sabtu.

 Google akan membantu Anda untuk mengurangi waktu penggunaan ponsel dengan mode Focus.

Baca juga: Asus Resmi Rilis ROG Phone II di Indonesia, Intip Spesifikasi dan Harganya

Mode Focus dari Google ini serupa dengan fitur Zen OnePlus Mode. Hanya saja, Zen OnePlus Mode mengharuskan Anda untuk menunggu 20 menit ketika diaktifkan sebelum Anda dapat melanjutkan menggunakan ponsel Anda.

Google menyediakan opsi untuk "istirahat", yang memungkinkan Anda keluar dari mode Focus untuk menggunakan aplikasi tertentu dan kembali ke mode Focus saat Anda siap.

Fitur baru tersedia mulai 4 Desember 2019, dalam ponsel baru yang diluncurkan dengan Android 9 atau 10 yang memiliki Digital Wellbeing dan pengaturan “parental control”. Menurut 9to5Google, mereka yang bukan bagian dari program beta akan mendapatkan pembaruan ke aplikasi Digital Wellbeing dalam beberapa hari mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini