Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teleskop Temukan Planet Raksasa Dekat Bintang Katai Putih

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 06:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 06 56 2138956 teleskop-temukan-planet-raksasa-dekat-bintang-katai-putih-ns2FbJRWMk.jpg Ilustrasi (Foto: Fox News)

JAKARTA- Para ilmuwan telah menemukan planet raksasa di dekat bintang katai putih. Katai putih merupkana bintang kecil yang sudah tidak lagi bersinar. Katai putih merupakan tahap evolusi terakhir bintang bermassa kecil dan menengah.

Dilansir dari laman Fox News, Senin (9/12/2019) para ilmuwan menggunakan teleskop milik ESO untuk meneliti temuan planet tersebut.

"Itu adalah salah satu dari penemuan kebetulan itu," kata peneliti dari University of Warwick di Inggris.

Pengamatan tindak lanjut tim, yang diterbitkan dalam sebuah studi baru di Nature , menunjukkan adanya hidrogen, oksigen, dan belerang yang terkait dengan katai putih.

Dengan menganalisis spektra yang diambil oleh instrumen X-shooter ESO, tim menemukan bahwa unsur-unsur ini berada dalam cakram gas yang berputar ke katai putih, dan tidak berasal dari bintang itu sendiri.

 Teleskop Temukan Planet Raksasa Dekat Bintang Katai Putih

Baca Juga: Facebook Gugat Perusahaan Hong Kong Terkait Peretasan dan Penipuan Iklan

Jumlah hidrogen, oksigen, dan belerang yang terdeteksi mirip dengan yang ditemukan di lapisan atmosfer yang dalam dari planet-planet dingin, planet raksasa seperti Neptunus dan Uranus.

Para ilmuwan percaya bahwa jika jenis planet ini mengorbit di dekat katai putih panas, radiasi ultraviolet ekstrem dari bintang akan melucuti lapisan terluarnya, dan sebagian dari gas yang dilucuti ini akan berputar ke dalam cakram, dengan sendirinya menyatu menjadi katai putih.

"Butuh beberapa minggu untuk mengetahui bahwa satu-satunya cara untuk membuat cakram seperti itu adalah penguapan planet raksasa," kata Matthias Schreiber dari Universitas Valparaiso di Chili.

Baca Juga: Inikah Wujud Samsung Galaxy S10 Lite dan Note 10 Lite?

Baca Juga: Smartphone Huawei Diciptakan Tanpa Komponen dari Amerika Serikat

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini