Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aktivitas Fisik Bantu Kehidupan Penderita Masalah Kesehatan Mental

Muhammad Ferdiansyah, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 08:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 06 56 2138959 aktivitas-fisik-bantu-kehidupan-penderita-masalah-kesehatan-mental-baoGZe28wq.jpg Ilustrasi (Foto: The McGill Tribune)

JAKARTA - Mental Health Foundation melakukan penelitian terhadap 31 orang yang memiliki masalah kesehatan mental akut di Irlandia Utara. Hasil penelitian tersebut mengungkap bahwa latihan fisik membawa dampak yang signifikan bagi para pengidap masalah kesehatan.

Dilansir dari laman Mentalhealth, 31 peserta penelitian diminta untuk berpartisipasi dalam program latihan tiga bulan. Hasilnya, peserta melaporkan adanya peningkatan dalam kualitas tidur mereka, suasana hati menjadi lebih baik, jadi lebih bersemangat dan merasa lebih waspada secara mental.

Mark Rowland, Kepala Eksekutif Mental Health Foundation mengatakan, “Di Yayasan ini, kami ingin memahami bagaimana orang dengan masalah kesehatan mental yang parah dapat dibantu untuk menjalani kehidupan yang aktif dan sehat”.

Beberapa peserta melaporkan bahwa program ini membuat mereka mampu membangun rutinitas baru, membuat penyesuaian pada hal-hal seperti diet, dan membuat struktur kehidupan mereka lebih jelas.

Efeknya sangat penting bagi orang-orang yang memiliki tanggung jawab merawat, karena kegiatan mingguan menciptakan jalan keluar bagi mereka untuk lebih aktif secara sosial.

 Mental Health Foundation melakukan penelitian terhadap 31 orang yang memiliki masalah kesehatan mental akut.

Baca juga: NASA Kirim Pesawat Luar Angkasa Tabrak Matahari, Ini Hasil Temuannya

Temuan ini dimasukkan dalam laporan baru yang didanai oleh Disability Research on Independent Living & Learning. Dana tersebut bertujuan untuk memberi dukungan kepada program yang mendorong orang dengan masalah kesehatan mental parah untuk menjadi lebih aktif.

Program 12 minggu ini dijalankan pada awal 2019 untuk orang-orang yang mengidap masalah kesehatan mental yang parah di lima lokasi di Irlandia Utara. Terdapat 31 orang peserta yang berpartisipasi dari semua kelompok umur.

Pelatih dari Platinum Training Institute merancang program yang sesuai dengan tingkat kebugaran dan kemampuan peserta.

“Saat ini, orang yang hidup dengan diagnosis skizofrenia dan gangguan bipolar hidup 10 hingga 20 tahun lebih sedikit dibanding orang yang sehat secara mental pada umumnya. Beraktivitas secara fisik adalah cara paling efektif untuk terhubung dengan orang lain dan baik untuk kesehatan mental seseorang,” ujar Mark Rowland.

Liam, salah satu rekan peneliti dalam laporan itu mengatakan, "Para peserta dengan cepat membentuk hubungan kerja dengan sesama peserta yang memiliki penyakit mental dan itu bermanfaat bagi penelitian kami".

Laporan ini juga menekankan bahwa perlunya orang-orang yang memiliki masalah kesehatan mental untuk berkonsultasi dengan para pakar kesehatan dan penyedia layanan kesehatan terkait masalah kesehatan mental mereka. Mereka harus didukung untuk berpartisipasi dalam program-program serupa.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini