Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apple Jelaskan Mengapa iPhone 11 Kumpulkan Data Lokasi Pengguna

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 08 Desember 2019 15:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 06 57 2138911 apple-jelaskan-mengapa-iphone-11-kumpulkan-data-lokasi-pengguna-6EnGIKscbn.jpg (Foto: Theinquirer)

JAKARTA - Ahli keamanan baru-baru ini menemukan bahwa iPhone 11 Pro bisa lacak lokasi pengguna, meskipun aplikasi dan layanan pengguna diatur untuk tidak melakukannya. Terkait hal ini, Apple akhirnya angkat bicara.

Dilansir Theinquirer, seorang staf Apple pada awalnya menganggap masalah itu sebagai "perilaku yang dimaksudkan" dan mengatakan perusahaan tidak melihat "implikasi keamanan".

Perusahaan kini mengeluarkan tanggapan resmi dan mengungkapkan bahwa ini karena chip U1 ultra wideband yang berfokus pada iPhone 11 yang baru.

"Teknologi ultra-wideband adalah teknologi standar industri dan tunduk pada persyaratan peraturan internasional yang mengharuskannya dimatikan di lokasi tertentu," kata juru bicara Apple dalam pernyataannya kepada TechCrunch.

 Ahli keamanan baru-baru ini menemukan bahwa iPhone 11 Pro bisa lacak lokasi pengguna.

Baca juga: Ahli Keamanan Temukan iPhone 11 Pro Bisa Lacak Lokasi Pengguna

"iOS menggunakan Layanan Lokasi untuk membantu menentukan apakah iPhone berada di lokasi terlarang ini untuk menonaktifkan ultra wideband dan mematuhi peraturan. Manajemen kepatuhan ultra wideband dan penggunaan data lokasi dilakukan sepenuhnya pada perangkat dan Apple tidak mengumpulkan pengguna data lokasi," katanya.

Apple juga mengatakan bahwa pihaknya akan memasukan sebuah toggle untuk iPhone 11 yang akan memungkinkan pengguna untuk sepenuhnya memblokir layanan lokasi dalam pembaruan iOS.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini