Review Realme 5S, Raja Baru Smartphone Rp 2 Jutaan

Sabtu 07 Desember 2019 14:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 07 16 2139136 review-realme-5s-raja-baru-smartphone-rp-2-jutaan-GwEQ0PUoeN.jpg foto: ist

JAKARTA – Ternyata tak hanya realme X2 Pro, realme juga meluncurkan realme 5s ke pasar Indonesia. Ponsel yang merupakan upgrade dari realme 5 ini membawa berbagai fitur menarik yang belum pernah dimiliki oleh ponsel kelas entry lainnya.

Ponsel yang dijuluki sebagai 48MP Quad Camera PowerHero mengusung beberapa keunggulan, seperti baterai 5.000 mAh, 48MP quad-camera, dan layar ekstra lebar yang berukuran 6,5 inci. Di pasar, terdapat dua varian warna yang ditawarkan ponsel ini yakni Crystal Red dan Crystal Blue. Untuk pilihan memorinya, realme 5s hanya tersedia dalam satu konfigurasi yakni RAM 4GB dan ROM 128GB.

Kali ini, kami berkesempatan untuk menjajal realme 5s dengan varian warna Crystal Red. Untuk lebih lengkapnya, mari simak pengalaman kami dalam menggunakannya selama beberapa hari.

ist

Desain

Bahasa desain realme 5s bisa dibilang masih mirip dengan produk realme sebelumnya. Dengan ciri khas potongan berlian yang indah, realme 5s mampu memukau ketika terkena cahaya. Berbeda dari pola berlian matte dari generasi sebelumnya, generasi baru ini memiliki permukaan original yang dipoles dan tekstur skala nano baru. Desain ini mengusung pola warna holografik berskala nano yang diukir oleh laser lima sumbu.

Dengan balutan polikarbonat, bodi belakang realme 5s tidak mudah membuat slip tangan pengguna. Malahan, bodi realme 5s tampak solid ketika digenggam. Dengan dimensi 164,4x75,6x9,3mm dan bobot 198g, realme 5s masih nyaman untuk dibawa bepergian jauh.

Di bagian belakang pula, terdapat empat kemara yang disusun secara vertical. Di sebelah kamera, terdapar LED flash dan sensor sidik jari. Sementara logo realme terletak di pojok kiri bawah.

Di sisi kanan dijumpai tombol volume up and down serta slot microSD dan SIM Card. Beralih ke sisi kiri dapat ditemui tombol power.

Untuk urusan layar, realme 5s mengusung layar 6,5 inci yang ekstra lapang untuk melihat berbagai macam konten. Dengan rasio layar mencapai 89%, layar realme 5s dapat secara mudah menampilkan video dengan lebih imersif.

Performa

Di inti pemrosesan, realme 5s menggunakan chipset Snapdragon 665 yang dapat berlari hingga 2.0 Ghz. Dibandingkan dengan proses 14nm yang diadopsi pada generasi terakhir (prosesor Qualcomm Snapdragon 660), prosesor Qualcomm Snapdragon 665 AIE yang ditingkatkan mengadopsi proses produksi 11nm yang lebih maju yang memberikan kinerja yang kuat dan konsumsi daya yang lebih sedikit.

Untuk kebutuhan grafis, Snapdragon 885 didampingi oleh GPU Adreno 616. Kombinasi ini memungkinkan pengguna memainkan game kelas berat, seperti PUBG Mobile atau Call of Duty Mobile.

Untuk membuktikan kehebatan realme 5s, kami menggunakan game PUBG Mobile. Saat dimainkan, gameplay yang dihasilkan tampak halus dan natural. Meski tidak bisa dibilang sempurna, game dapat dilibas dengan baik.

Kami juga menggunakan beberapa aplikasi benchmark terkenal, seperti AnTuTu untuk membuktikan kehandalan realme 5s. Hasilnya, realme 5s mampu mencetak skor 169.450 dalam pengujian.

Secara keseluruhan, realme 5s dapat berjalan mulus tanpa lag. Proses perpindahan antar aplikasi berjalan lancar tanpa kendala. Selain itu, suhu ponsel juga terbilang stabil jika dipakai dalam jangka waktu lama.

ist

Kamera

Teknologi quad camera diadopsi realme dalam realme 5s di bagian belakang. Lensa utama beresolusi 48MP menggunakan sensor Samsung ISOCEL GM1 dan aperture f/1.8. Kamera utamanya didukung dengan lensa ultra-wide 8MP (f/2.25), lensa makro 2MP (f/2.4) dan depth-sensor 2MP (f/2.4).

Kamera realme 5s juga sudah meggunakan teknologi Tetracell yang menggabungkan piksel 4-in-1 untuk menghasilkan foto 12MP dengan piksel besar 1,6μm. Melalui teknologi ini dan sensor gambar 1/2-inci yang besar juga aperture f/1.8, kamera dapat menghasilkan gambar yang bersih dan jelas dalam kondisi cahaya rendah.

Tak ketinggalan adalah Nightscape dan Chroma Boost yang sudah diperbarui oleh realme. Dengan kedua fitur ini, hasil foto akan tampak lebih tajam serta detail. Alhasil, pengguna tidak perlu lagi repot-repot menggunakan mode manual.

Sementara untuk kamera selfienya, realme 5s menggunakan sensor Samsung dengan resolusi 13 MP dan bukaan f/2.0. Seperti halnya produk realme yang lain, kamera depan realme 5s juga sudah menggunakan teknologi AI untuk meningkatkan estetika wajah pengguna.

Saat kami uji, hasil foto-foto realme 5s tampak baik. Hasil foto outdoor di siang hari terlihat sangat tajam. Sementara foto di malam hari, hasil fotonya bisa dibilang baik walau masih memiliki sedikit noise.

Baterai

Sektor baterai menjadi keunggulan dari realme 5s. Sebab, ponsel ini menggunakan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Dengan kapasitas baterai seperti itu, realme 5s adalah dapat mendukung aktivitas pengguna selama sehari penuh.

Dalam pengujian kami, realme 5s dapat bertahan kurang lebih 8 jam jika dipakai untuk bermain game terus menerus. Sementara untuk memutar video tanpa henti, ponsel ini dapat bertahan selama 12 jam. Namun untuk pemakaian normal, seperti media sosial, realme 5s dapat bertahan hingga esok hari.

Hemat daya yang dihasilkan realme 5s ini juga tak lepas dari fitur Screen Battery Optimization Mode. Screen Battery Optimization Mode ini menggunakan CABC (Content Adaptive Backlight Control) untuk secara dinamis menyesuaikan rasio kontras layar tidak termasuk kamera dan album foto. Fitur ini mempertahankan kualitas gambar, sehingga mengurangi konsumsi daya layar untuk meningkatkan masa pakai baterai hingga 10%.

Kesimpulan

Sebagai sebuah 48MP Quad Camera PowerHero, realme 5s seperti menjadi jawaban bagi konsumen yang selama ini mencari smartphone Rp 2 jutaan dengan beragam spesifikasi unggulan. Sebab, tidak banyak vendor smartphone yang merilis produk dengan beragam fitur menari seperti ini.

Dengan kombinasi baterai 5.000 mAh, layar IPS LCD 6,5 inci, dan Qualcomm Snapdragon 665, rasanya membuat realme 5s sebagai smartphone paket lengkap. realme 5S sudah bisa didapatkan di pasar online dan offline dengan harga Rp 2.699.000.

(cm)

(fmi)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini