5 Milenial Asal Surabaya Ciptakan Aplikasi 'Sestyc' Pesaing Instagram

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 11 Desember 2019 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 10 207 2140254 5-milenial-asal-surabaya-ciptakan-aplikasi-sestyc-pesaing-instagram-0IV0DWrbWA.jpeg Aplikasi Sestyc (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - Lima milenial asal Surabaya berhasil membuat aplikasi media sosial berbasis Android, Sestyc. Mereka adalah Kevin Ciang (18), Andy Kurnia Wijaya (18), Michael Fransesco (18), Lodixon Gonzaller (18), dan Jesslyn (19).

Aplikasi tersebut sekilas mirip dengan aplikasi berbagi foto Instagram namum dengan tampilan yang lebh sederhana. Aplikasi didominasi dengan warna putih dan biru. Kemudian, pengguna bisa melakukan beberapa aktivitas pada aplikasi seperti berbagi foto, pesan instan, dan panggilan gratis.

CEO Sestyc, Kevin Ciang mengungkapkan bahwa dibuatnya aplikasi ini berangkat dari kekhawatiran dengan maraknya media sosial asal luar negeri yang digunakan masyarakat Indonesia. Untuk diketahui, jumlah pengguna internet aktif di Indonesia sudah melewati 171 juta orang.

Namun, lebih dari 99% pengguna internet di Indonesia masih menggunakan media sosial asal luar negeri seperti yang paling mendominasi adalah Instagram, Facebook, WhatsApp yang berasal dari Amerika, dan beberapa media sosial lain seperti Snapchat, Line, Telegram, MiChat, WeChat yang juga berasal dari negara lain.

 5 Milenial Asal Surabaya Ciptakan Aplikasi 'Sestyc' Pesaing Instagram

Baca Juga: Setelah 27 Tahun, Apple Kembali Sambangi Event CES 2020

"Alasan utama kami menghadirkan Sestyc adalah untuk membantu Indonesia dalam memanfaatkan sumber dayanya dengan baik, dalam kasus ini adalah jumlah pengguna internet aktif yang ada di Indonesia," kata Kevin kepada Okezone, Rabu (11/12/2019).

Kevin juga melanjutkan bahwa dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia yang menggunakan media sosial asal luar negeri menunjukan bahwa Indonesia masih belum mandiri dan tidak mampu bersaing dengan negara maju tersebut dan secara langsung memberikan devisa kepada negara itu.

Ia pun berharap bahwa Sestyc mampu bersaing dan diterima oleh masyarakat Indonesia. Sestyc hingga saat ini telah diunduh sekira 114.416 di PlayStore. Aplikasi belum hadir di perangkat iOS.

Kevin mengatakan bahwa Sestyc memiliki perbedaan dari media sosial lain. Menurut dia, aplikasi memiliki fitur bingkai pada foto profil yang belum diterapkan pada media sosial lain. Selain itu, aplikasi Sestyc juga menerapkan kesederhaan dari aplikasinya.

Baca Juga: Jajal Bermain Game di Galaxy A20s dengan Fitur Triple Camera

Baca Juga: Google Maps Dukung Mode Incognito di Versi iOS

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini