Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ponsel 5G Masa Depan Bisa Lebih Murah di Bawah Rp7 Juta

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 06:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 12 57 2141262 ponsel-5g-masa-depan-bisa-lebih-murah-di-bawah-rp7-juta-LPEm56bc7B.jpg (Foto: Which.uk)

JAKARTA - Tahun ini vendor smartphone telah meluncurkan ponsel 5G di tengah hadirnya 5G di beberapa negara seperti Korea, Amerika, China, Swiss, dan Inggris. Tahun depan, beberapa vendor juga dikabarkan akan kembali meluncurkan banyak ponsel 5G.

Ponsel 5G saat ini masih menjadi barang premium, pasalnya perangkat ini masih dibanderol dengan harga yang tidak murah bahkan mencapai Rp7 juta lebih. Sebut saja, Samsung Galaxy S10 5G yang dijual Rp17 jutaan, Oppo Reno 5G dibanderol Rp14 jutaan, dan OnePlus 7 Pro dihargai Rp11 jutaan.

Sementara Xiaomi juga belum lama ini meluncurkan handphone 5G murah, namun harganya masih di atas Rp7 jutaan, yakni Rp7,4 juta.

Director ICT Strategy, Huawei Indonesia Mohammad Rosidi mengungkapkan bahwa perangkat 5G di masa depan bisa lebih murah, bahkan mencapai harga di bawah USD300 atau di bawah Rp7 juta. Bahkan, dia melanjutkan bahwa ponsel 5G di bawah Rp7 jutaan bakal hadir dalam kurun waktu 3 tahun.

 Tahun ini vendor smartphone telah meluncurkan ponsel 5G.

Baca juga: Dorong 5G di Indonesia, Huawei Kembangkan SDM Digital

"Kalau nanti 5G, jaringan sudah ada, ekosistem sudah ada. Penetrasinya seharusnya lebih cepat. Bahkan kemungkinan ponsel murah akan ada kemungkinan kurang dari USD300 dalam 3 tahun," kata Rosidi dalam acara Kumpul Media Huawei di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (12/12/2019).

Lebih lanjut dia juga mengungkapkan bahwa dengan semakin maraknya ponsel 5G murah, akan semakin besar pula dampak langsung 5G dan pastinya semakin penetrasinya cepat.

Menurut Rosidi, jaringan 5G memang menjanjikan latensi rendah, kecepatan, dan koneksi besar. Jaringan 5G juga bisa digunakan untuk mendukung banyak teknologi baru seperti pemanfaatan IoT di rumah tangga, pengembangan kelas cerdas, manajemen darat di sebuah bandara cerdas, sistem pertanian cerdas, sistem manufaktur cerdas, AR/VR gim berbasis cloud, hingga terbangunnya kota-kota cerdas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini