Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesawat Luar Angkasa Bantu NASA Kumpulkan Sampel Asteroid Bennu

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 14 Desember 2019 13:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 14 56 2141853 pesawat-luar-angkasa-bantu-nasa-kumpulkan-sampel-asteroid-bennu-P4lKGMUH1c.jpg (Foto: SlashGear)

JAKARTA - Badan antariksa Amerika Serikat, NASA berencana mengambil sampel asteroid Bennu. NASA memilih sebuah situs yang dinamakan Nightingale pada asteroid tersebut.

Dilansir Slashgear, situs yang akan dituju itu diharapkan akan menjadi sumber sampel fisik yang dikumpulkan oleh pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx. Pesawat ini telah menghabiskan waktu berbulan-bulan mengelilingi batu ruang angkasa besar yang disebut Bennu.

Asteroid ini ternyata sangat berbatu, membuat pemilihan lokasi menjadi proses yang sulit bagi para ilmuwan.

Bennu ternyata adalah asteroid yang sangat berbatu dan ini adalah masalah bagi NASA. Pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx akan menjadi sangat dekat dengan permukaan asteroid untuk mengumpulkan sampel.

Baca juga: 3 Fitur Canggih Samsung Galaxy Fold, Layar Lipat hingga 6 Buah Kamera

Misi mengambil sampel ini tetap memiliki tantangan bagi NASA. Sampel kemungkinan dapat diambil apabila peneliti memilih situs yang mengandung partikel yang cukup baik untuk dikumpulkan oleh pesawat ruang angkasa atau tidak memiliki batu-batu besar di dekatnya atau batu-batu lain yang mungkin menabrak pesawat ruang angkasa.

OSIRIS-REx telah mengirim banyak gambar asteroid dari semua sudut kembali ke NASA, di mana tim telah mempelajari konten untuk mencari tahu situs pengumpulan sampel yang ideal. Empat situs kandidat akhir terungkap awal bulan ini, masing-masing dengan potensi keuntungan dan kerugiannya.

Dari keempat itu, NASA mengatakan Nightingale mendapat kehormatan menjadi situs sampel utama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini