Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh Pengajuan Poligami Diurus via Online, Harus Ada Restu Istri

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 16 Desember 2019 21:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 16 207 2142681 heboh-pengajuan-poligami-diurus-via-online-harus-ada-restu-istri-DTLmo2BwT8.jpg Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA - Pengadilan Agama menyediakan pelayanan permohonan poligami secara online. Permohonan ini dapat dilakukan secara daring via layanan E-Litigasi.

Diambil dari berbagai sumber, Humas Pengadilan Agama (PA) Surabaya, Saifudin mengungkapkan, pelayanan disediakan bertujuan agar pemohon tidak bolak-balik ke pengadilan. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait permohonan poligami online.

1. Pemohon harus mengantongi restu dari istri

Suami yang akan poligami harus mendapatkan restu dari istri yang hadir dalam persidangan. Istri harus mengetahui, sehingga suami tidak bisa poligami secara diam-diam.

Baca juga: Lelah, YouTuber PewDiePie Umumkan Rehat di 2020

2. Hakim berhak mempertimbangkan mengabulkan permohonan poligami

Hakim memiliki pertimbangan apakah akan mengabulkan permohonan poligami atau sebaliknya. Meskipun istri merestui suaminya yang akan berpoligami, hakim berhak mempertimbangkan.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan hakim ialah terkait hubungan pernikahan menghasilkan keturunan, istri tidak bisa merawat suami karena sakti atau terkait hubungan jarak jauh.

3. Pengadilan memberikan jadwal sidang

Apabila persyaratan pemohon poligami sudah dilengkapi, pengadilan kemudian memberikan jadwal sidang. Persidangan digelar karena beberapa hal tidak dapat diverifikasi secara online.

Menurut Saifudin, istri menentukan dibolehkan atau tidaknya poligami. Apabila istri menyetujui tetapi ia menangis, maka hakim perlu mendalaminya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini