Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kurangi Ketergantungan Android, Facebook Bikin Sistem Operasi

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 22 Desember 2019 09:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 20 207 2144416 kurangi-ketergantungan-android-facebook-bikin-sistem-operasi-eG44CSgIxv.jpg Ilustrasi Facebook (Foto: Independent)

JAKARTA - Facebook dikabarkan tengah mengembangkan sistem operasi miliknya sendiri. Menurut laporan The Information, hal tersebut ditujukan untuk mengurangi ketergantungan sistem operasi Google, Android.

Dilansir dari laman The Verge, Minggu (22/12/2019) pengembangan sistem operasi milik Facebook dipimpin oleh seorang veteran Microsoft yang membuat sistem operasi Windows NT, Mark Lucovsky.

Lebih lanjut, menurut laporan sistem operasi Facebook tersebut nantinya akan mendukung headset VR Oculus dan perangkat Portal milik Facebook. Seperti diketahui, kedua perangkat tersebut masih didukung oleh Android.

 Kurangi Ketergantungan Android, Facebook Bikin Sistem Operasi

Baca Juga: Boeing Uji Penerbangan Kapsul Starliner untuk Astronot NASA

Menurut salah satu kepala AR dan VR Facebook, Ficus Kirkpatrick, ada kemungkinan bahwa perangkat keras masa depan Facebook tidak perlu bergantung pada perangkat lunak Google, yang akan mengurangi atau menghapus sepenuhnya kendali yang Google miliki atas perangkat keras Facebook.

"Kami benar-benar ingin memastikan generasi berikutnya memiliki ruang untuk kami," kata kepala perangkat keras Facebook, Andrew Bosworth.

Selain headset VR Oculus dan perangkat Portal, Facebook kabarnya tengah membuat kacamata Augmented Reality (AR) yang diberi kode nama 'Orion'. Perangkat ini kabarnya akan dirilis pada 2023.

Baca Juga: Indosat Ooredoo Selesaikan Transaksi Penjualan 2.100 Tower ke Mitratel

Baca Juga: Meluncur 2020, Trio Galaxy S11 Bawa Kamera Telefoto 48MP

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini