Peralatan Canggih dan Animator Profesional di Balik Sukses Film Animasi Kiko

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 20 Desember 2019 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 20 326 2144245 peralatan-canggih-dan-animator-profesional-di-balik-sukses-film-animasi-kiko-QTG4nDIoLA.jpg Salah satu animator sedang mengolah sketsa menjadi gambar tiga dimensi (Foto: Okezone.com/Abdi Susanto)

JAKARTA - Di balik sukses film animasi Kiko yang menghiasai layar kaca sejak 9 Agustus 2014, dan film animasi Titus: Mystery of The Enygma yang bakal tayang di bioskop 9 Januari 2020 tersembunyi studio megah, peralatan canggih dan tim animator yang luar biasa. Okezone berkesempatan melihat secara langsung hal itu saat mengunjungi MNC Animation (MNCA) di Kebon Jeruk, Kamis (19/12/2019).

Puluhan animator, sebagian besar anak-anak muda generasi milenial sedang menggambar karakter yang akan menjadi tokoh dari beberapa film animasi berikutnya. Mereka mengolah gambar sketsa menjadi gambar 3D, lalu menggunakan peralatan Pen Tablet berukuran besar mengubah gambar menjadi objek animasi.

Peralatan canggih dan ruangan kerja nyaman memungkinkan para seniman animasi ini bekerja maksimal dan menghasilkan gambar-gambar yang tampak hidup. Goresan demi goresan membentuk objek tiga dimensi yang tadinya tampak datar (2 dimensi) menjadi seperti hidup (3 dimensi). Tentu, semua ini juga tidak bisa jalan tanpa piranti lunak generasi terkini yang canggih.

“Saat ini kami sedang menggarap film Dinda dan Novi,”ujar Chief Creative Officer MNC Animation, Larry D Whitaker sambil menunjukkan story board berisi serangkaian gambar sketsa yang dibuat timnya. Pria yang pernah bekerja di Disney International ini bercerita, MNC Animation yang merupakan anak perusahaan MNC Group ini memang fokus mengembangkan intelectual property (IP) menjadi produksi animasi dan bisnis IP terkait.

 Chief Creative Officer MNC Animation Larry Whitaker sedang menunjukkan gambar-gambar animasi olahan para animator di ruang kerjanya di Studio MNC Animation, Kebun Jeruk, Jakarta. Foto : Okezone.com/ Abdi S
Chief Creative Officer MNC Animation Larry Whitaker sedang menunjukkan gambar-gambar animasi olahan para animator di ruang kerjanya di Studio MNC Animation, Kebun Jeruk, Jakarta. Foto: Okezone.com/ Abdi S

Baca juga: Game Kiko Run Ramaikan MNC Fest 2019

Selain seri animasi Kiko, MNCA juga memproduksi seri animasi Entong season 1 dan season 2 yang tayang di RCTI. Seri animasi Kiko telah menoreh prestasi luar biasa. Pada 2016 KIKO mendapatkan penghargaan Panasonic Gobel Award untuk 'Best Children’s Animation'. 

Pada 2017, Kiko juga menyabet penghargaan Indonesian Television Award untuk kategori Favorite Local Children Animation. Kiko juga menjadi film animasi pertama MNCA yang memasuki pasar luar negeri. Tak hanya sukses di layar kaca, Animasi Kiko juga meramaikan pasar video game di Indonesia. Tim khusus yang menangani produksi video game bekerja di studio yang sama di Kebon Jeruk.

Meneruskan kesuksesan KIKO, MNC Animation akan menayangkan Film Titus - Mystery of the Enygma. CEO MNC Animation Liliana Tanoesoedibjo mengatakan, film ini dibuat untuk menghadirkan konten film animasi yang membawa unsur hiburan dan edukasi di dalamnya. 

Film ini memiliki pesan agar anak-anak Indonesia tidak mudah mengeluh ketika menghadapi berbagai masalah di dalam kehidupan. Sifat gigih dan pantang putus asa itu diperlihatkan melalui karakter Titus.

Titus - Mystery of the Enygma didukung oleh para aktor yang mengisi suara karakter di dalam film, antara lain Arbani Yasiz yang mengisi suara Titus, Ranty Maria sebagai Fyra, Lukman Sardi sebagai Bobit, Robby Purba sebagai Bulpan dan special cameo dari Jessica Tanoesoedibjo sebagai Jessica. 

Liliana Tanoesoedibjo juga menciptakan soundtrack khusus untuk film dan lagu berjudul Detektif Titus yang dinyanyikan oleh jebolan Indonesian Idol, Glenn Samuel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini