IndoXXI Bakal Ditutup, Bagaimana Nasib VCD Bajakan di Mal?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 24 Desember 2019 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 24 207 2145560 indoxxi-bakal-ditutup-bagaimana-nasib-vcd-bajakan-di-mal-f3g6rmBeuF.jpg Ilustrasi (Foto: Phil Hearing/Unsplash)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menaruh perhatian pada fenomena pembajakan yang terjadi di Tanah Air. Seperti diketahui, situs IndoXXI akan ditutup pada awal Januari 2020.

Situs tersebut memungkinkan netizen untuk menonton film dengan cara streaming online. Kini, IndoXXI dipastikan akan ditutup pada 1 Januari 2020.

Pengamat Telekomunikasi, Heru Sutadi mengatakan bahwa pemerintah seharusnya jangan hanya fokus pada dunia internet, melainkan pembajakan dalam bentuk VCD.

"Kalau hanya satu situs diblokir tidak akan efektif. Sebab sekarang saja sudah ada beberapa situs kloningannya," kata Heru kepada Okezone, Selasa (24/12/2019).

 Situs IndoXXI akan ditutup pada awal Januari 2020.

Baca juga: Situs Nonton Film Online IndoXXI Ditutup Mulai Januari 2020

Dengan munculnya beberapa situs kloningan ini, pemerintah harus terus memantau dan mengambil tindakan. "Dan seharusnya jangan hanya fokus di dunia internet saja, yang jual VCD bajakan di mal mal seperti didiamkan," ujar Heru.

Ia mengatakan, harus ada cara komprehensif melawan pembajakan, tetapi untuk pemblokiran tetap harus diskusi dengan stakeholder. Dengan demikian, pemblokiran dapat dipertanggungjawabkan dan ada transparansi kepada publik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini