Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Fokus Bangun Konektivitas Menuju Indonesia Digital Nation

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 24 Desember 2019 15:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 24 207 2145576 pemerintah-fokus-bangun-konektivitas-menuju-indonesia-digital-nation-4CtBJOuK8y.jpg Ilustrasi (Foto: Human Resources Online)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meresmikan pemasangan internet berkecepatan tinggi atau high throughput satellites (HTS) di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Kunjungan kerja ke lokasi tersebut merupakan kunjungan pertama Menteri Kominfo sejak dilantik pada tanggal 23 Oktober 2019, dikutip dari situs resmi Kominfo.

"Kunjungan ini dilaksanakan guna melihat pemanfataan akses internet yang disediakan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo," ungkap Menteri Kominfo di Kantor Kecamatan Kota Reo, Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur, Jumat (20/12/2019).

Menteri Johnny menyatakan, pembangungan akses telekomunikasi merupakan bentuk sinergi antara BAKTI Kominfo dengan operator seluler. Menteri Kominfo menyebut BAKTI sebagai salah satu satuan kerja di kementerian, bertugas untuk melengkapi infrastruktur telekomunikasi yang telah dibangun oleh penyedia jasa telekomunikasi di daerah-daerah 3T (tertinggal, terpencil dan terluar) dan perbatasan di Indonesia.

"Saya ingin melihat secara langsung pilot project 3T yang dirintis oleh Kominfo di Manggarai Raya. Saya ingin melihat secara fisiknya seperti apa," ujarnya.

 Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meresmikan pemasangan internet berkecepatan tinggi.

Baca juga: Situs Nonton Film Online IndoXXI Ditutup Januari 2020

Program pengembangan internet yang dikenal dengan sebutan "Tol Langit" itu dilaksanakan untuk mendekatkan masyarakat dengan dunia digital.

"Sehingga, diharapkan dapat membentuk gerakan digitalisasi ini untuk mempertemukan petani, nelayan, peternak, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan pasar digital. Kita bergerak dari masyarakat yang offline ke online," tambah Menteri Johnny.

Menteri Kominfo menuturkan, di Reo saat ini sudah terpasang internet dengan kecepatan 8 MBps. Ini salah satu titik internet tercepat di Nusa Tenggara Timur. Tujuannya agar masyarakat Indonesia melek digital dan cerdas memilih informasi yang tepat.

“Pakailah smartphone dengan sehat. Jangan pakai smartphone yang di dalamnya berisi berita sampah, hoaks, fitnah atau adu domba," ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini