Share

Android 11 Izinkan Pengguna Rekam Video di Atas 4GB

Muhammad Ferdiansyah, Jurnalis · Sabtu 28 Desember 2019 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 27 207 2146729 android-11-izinkan-pengguna-rekam-video-di-atas-4gb-8cudakOAmT.jpg (Foto: Androidauthority)

JAKARTA - Android 11 akan diluncurkan pada 2020. Android 11 kabarnya mampu merekam video dengan kapasitas lebih dari 4GB, seperti dikutip Androidauthority.

Menurut penjelasan baru dari gerrit AOSP, Google sedang memperbarui kelas media Android untuk menggunakan (a) 64bit offset in mpeg4writer. Update-an akan memungkinkan platform seluler untuk membuat atau mengubah file yang berukuran lebih dari 4GB.

Ini berarti Google atau Android OEMs dapat memungkinkan Anda merekam video dengan ukuran lebih dari 4GB tanpa harus membaginya menjadi file yang terpisah. Untuk waktu yang paling lama, Android membatasi ukuran video maksimum 4GB.

Ponsel Android saat ini tidak dapat merekam video yang berukuran lebih dari 4GB. Dengan dirilisnya Android 11, pengguna mengharapkan adanya peningkatan dari batasan tersebut.

Google dilaporkan memberlakukan pembatasan ini pada 2014, ketika Nexus 5 memiliki penyimpanan internal maksimum 32GB. Waktu telah berubah sekarang, beberapa smartphone menawarkan penyimpanan internal hingga 1TB.

 Android 11 kabarnya mampu merekam video dengan kapasitas lebih dari 4GB.

Baca juga: Ponsel Terlanjur Kemasukan Air saat Hujan, Lakukan 5 Hal Ini

Batasan Android saat ini berarti pengguna hanya dapat menjejalkan rekaman senilai 4GB dalam satu file MP4. Jika pengguna terus merekam lebih dari 4GB, Android akan membaginya menjadi beberapa file video.

Untuk mengatasinya, saat ini pengguna dapat menurunkan kualitas video agar dapat merekam video dengan durasi yang lama, misalnya dari 720p menjadi 480p. Hampir semua ponsel flagship 2019 mendukung perekaman video 4K.

Ponsel yang keluar pada 2020, seperti Galaxy S11, diperkirakan akan menaikkan resolusi menjadi 8K. Format resolusi tinggi seperti itu membuat durasi video yang direkam menjadi lebih pendek. Dengan kata lain, pembatasan maksimal 4GB sangat tidak sesuai dengan resolusi 8k.

2020 akan menjadi tahun besar bagi fotografi ponsel cerdas. Sensor dapat menjadi lebih besar, kualitas gambar akan meningkat, trik fotografi AI yang baru kemungkinan akan muncul.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini