Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bintang Paling Terang Dekat Bumi Diprediksi Akan Meledak

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 30 Desember 2019 13:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 30 56 2147376 bintang-paling-terang-dekat-bumi-diprediksi-akan-meledak-ZjYZMiqfAV.jpg Ilustrasi Peristiwa Supernova (Foto: International Business Times)

JAKARTA- Salah satu bintang paling terang dilangit, Betelgeuse menunjukan tanda-tanda akan meledak atau supernova. Peristiwa supernova ini menandai berakhirnya riwayat suatu bintang.

Dilansir dari laman International Business Times, Senin (30/12/2019) para astronom dan pakar sains percaya bahwa peristiwa kosmik tersebut memiliki dampak ke Bumi, pasalnya bintang memiliki jarak yang dekat dari Bumi. Bintang Betelgeus dikenal sebagai bintang ke sebelas paling terang di langit malam.

Bintang terletak di konstelasi Orion dan merupakan bintang kedua diwilayah paling terang. Menurut para astronom, meskipun Betelgeuse baru berusia kurang dari 10 juta tahun. Bintang tersebut telah berevolusi dengan cepat karena massanya yang besar. Banyak astronom percaya bahwa bintang Betelgeus segera mencapai akhir siklus hidupnya dan menyebabkan peristiwa supernova besar-besaran.

Bintang Paling Terang Dekat Bumi Diprediksi Akan Meledak

Baca Juga: Daftar Ponsel yang Bakal Hadir di 2020

Tidak sampai disitu, baru-baru ini peneliti dari Universitas Villanova di Pennsylvania telah mengamati bahwa bintang Betelgeuse menjadi lebih redup dari biasanya. Menurut penelitian mereka, yang diterbitkan dalam The Astronomer's Telegram, bintang tersebut telah memudar sekitar satu magnitudo.

Beberapa astronom percaya bahwa kecerahan Betelgeuse yang memudar bisa menjadi tanda bahwa itu akan segera menjadi supernova. Setelah ini terjadi, itu bisa menghasilkan supernova Tipe II, yang terjadi ketika bintang raksasa merah kehabisan bahan bakar hidrogennya, sehingga menyebabkannya meledak dan runtuh.

"Tidak ada efek berbahaya, hanya bintang yang sangat terang. Untuk memiliki efek yang nyata sama sekali harus dalam 50 - 100 tahun cahaya. Pada 642,5 tahun cahaya, itu lebih dari lima kali terlalu jauh," kata seorang peneliti.

Baca Juga: Baterai Realme X50 Dapat Bertahan Selama 2 Hari?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini