Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Mengapa Hujan Pengaruhi Sinyal Ponsel

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 01 Januari 2020 14:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 01 54 2148160 ini-alasan-mengapa-hujan-pengaruhi-sinyal-ponsel-JHeOGkH7nS.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Cuaca dapat mempengaruhi kualitas sinyal ponsel. Mungkin Anda sering mendapati bahwa sinyal ponsel Anda mulai terganggu saat hujan datang. Selain itu perubahan musim dari musim dingin ke musim semi juga mampu mempengaruhi sinyal ponsel.

Dilansir dari laman Weboost, Rabu (1/1/2020) alasan mengapa kondisi cuaca mempengaruhi penerimaan sinyal ponsel, lantaran cuaca mampu mempengaruhi sinyal radio terestrial. Seperti diketahui, lalu lintas jaringan seluler dilakukan pada gelombang radio.

 Ini Alasan Hujan Pengaruhi Sinyal Ponsel

Penyebab atmosfer terbesar adala uap air. Air mampu menghambat gelombang radio pada frekuensi yang digunakan oleh jaringan seluler. Dalam artian hujan, salju, kabut, awan, bahkan hari yang cerah dengan kelembaban tinggi dapat menyebabkan penerimaan sinyal menurun.

Impedansi sinyal ini terjadi karena air menghantarkan listrik, yang memungkinkan uap air di atmosfer memantulkan atau membiaskan gelombang radio.

Baca Juga: Peneliti Ungkap Penyebab Kematian Mumi Inuit Berusia 500 Tahun

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini