Ini Upaya Operator Atasi Gangguan Layanan Telekomunikasi

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 02 Januari 2020 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 02 54 2148576 ini-upaya-operator-atasi-gangguan-layanan-telekomunikasi-6w5gtj80X3.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Beberapa BTS operator seluler mengalami gangguan. Hal tersebut lantaran PLN memutuskan aliran listrik berdasarkan faktor dan keselamatan pasca banjir yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Dari keterangan Kominfo, Kamis (2/1/2020) beberapa operator seluler telah mengatisipasi pasokan litrik dengan genset portable, meskipun demikian ini tidak bertahan lama. Sehingga beberapa site diakui beberapa operator mengalami down.

“Network Telkomsel masih bisa melayani pelanggan di wilayah Jabodetabek, adapun beberapa site down yang tersebar di wilayah jabodetabek akibat tidak tersedianya supply power yang dikarenakan pemadaman dari PLN,” ungkap pihak Telkomsel.

Ini Upaya Operator Atasi Gangguan Layanan Telekomunikasi

Baca Juga: Banjir Sebabkan Gangguan Jaringan Telekomunikasi, Ini Tanggapan Menkominfo

Oleh sebab itu, pihak Telkomsel mengungkapkan bahwa pihaknya tengah memperbaiki beberapa site yang down dengan mendistribusikan mobile backup power (MBP) agar bisa segera service kembali.

Disisi lain, XL Axiata mengupayakan perbaikan BTS dengan melakukan upaya penyediaan supply listrik melalui genset untuk memastikan beberapa BTS yang terdampak tersebut bisa tetap beroperasi.

Memastikan pasokan listrik untuk beberapa BTS yang down juga dilakukan oleh operator lain seperti Indosat Ooredoo, 3 Indonesia, Smartfren, dan net1.

Baca Juga: Tagar #banjir2020 Trending, Warganet Bagikan Potret Banjir Jakarta di Twitter

Baca Juga: Harganya Semakin Murah, Ponsel Lipat Bakal Tren di 2020?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini