Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hacker Iran Diduga Retas Situs Milik Pemerintah AS

Muhammad Ferdiansyah, Jurnalis · Senin 06 Januari 2020 13:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 06 207 2149775 hacker-iran-diduga-retas-situs-milik-pemerintah-as-MXLR2Kh6Rj.jpg (Foto: Microsoft News)

JAKARTA - Sebuah situs yang dioperasikan pemerintah AS telah diretas oleh sebuah kelompok hacker. Kelompok tersebut melakukan ini sebagai pembalasan atas pembunuhan yang dilakukan AS terhadap Soleimani, Jenderal Iran, seperti dikutip Skynews.

Situs American Federal Depository Library Program (FDLP) telah di-deface oleh hacker pada Sabtu (4/1/2020). Halaman website itu diubah dengan halaman hitam bertuliskan pesan yang berasal dari Iran.

Halaman website FDLP menunjukkan tulisan yang dibuat oleh sekelompok hacker menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Iran. Pada halaman web juga terdapat gambar Presiden Donald Trump yang dipukul di bagian wajah dengan kepalan tangan dan darah menetes dari mulutnya.

Di bawah halaman tertulis "Diretas oleh Iran Cyber Security Group Hackers". Mereka mengklaim bahwa serangan itu "hanya sebagian kecil" dari rencana mereka.

 Sebuah situs yang dioperasikan pemerintah AS telah diretas oleh sebuah kelompok hacker.

Baca juga: Ini 5 Teknologi yang Jadi Sorotan di CES 2020

Seorang juru bicara Badan Keamanan Cybersecurity dan Infrastructure Security Agency mengatakan, situs web itu dimatikan segera setelah gambar itu muncul dan belum dipastikan yang meretasnya berasal dari Iran. Meskipun demikian, ada sedikit bukti bahwa peretasan dilakukan oleh Iran.

"Kami menyadari situs web Program Perpustakaan Penyimpanan Federal (FDLP) telah dirusak dengan pesan pro-Iran, anti-AS. Pada saat ini, tidak ada konfirmasi bahwa ini adalah tindakan aktor yang disponsori negara Iran. Situs web ini sedang dimatikan dan tidak lagi dapat diakses," jelas juru bicara itu.

Peretasan ini terjadi hanya beberapa hari setelah serangan udara AS yang menewaskan Mayor Jenderal Qassem Soleimani, kepala pasukan elit Quds dan ahli strategi perang di Iran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini