Jangan Tidur, Saksikan Gerhana Bulan Penumbra 11 Januari 2020 Dini Hari

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2020 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 10 56 2151586 jangan-tidur-saksikan-gerhana-bulan-penumbra-11-januari-2020-dini-hari-IhWIS8Wp4U.jpg Ilustrasi (Foto: Wbur)

JAKARTA - Gerhana Bulan Penumbra akan terjadi pada 11 Januari 2020 dini hari. Menurut situs resmi BMKG, fenomena akan terjadi mulai pukul 00.57 WIB. Puncak fenomena ini diperkirakan akan terjadi pada pukul 02.10 WIB.

Kemudian, fenomena ini berakhir sekitar pukul 04.14 WIB. Sehingga proses terjadinya Gerhana Bulan Penumbra hingga berakhir berlangsung selama 3 jam 27 menit.

Gerhana bulan merupakan peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan.

"Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya," tulis BMKG.

Gerhana Bulan Penumbra merupakan kondisi dimana seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra bumi, karenanya Bulan dapat terlihat warna yang suram.

Jangan Tidur, Saksikan Gerhana Bulan Penumbra 11 Januari 2020 Dini Hari

Seluruh proses Gerhana Bulan Penumbra dapat dilihat di Asia, Eropa, sebagian besar Afrika bagian Timur, sebagian kecil Australia bagian Barat dan Samudera Hindia. Proses gerhana pada saat Bulan terbit dapat diamati di Afrika bagian Barat, Samudera Atlantik, sebagian kecil Amerika bagian Timur Laut, dan sebagian kecil Amerika Selatan bagian Timur.

Proses gerhana pada saat bulan terbenam dapat diamati di Amerika Utara bagian Barat Laut, Samudera Pasifik bagian Barat, dan sebagian besar Australia bagian Timur. Gerhana ini tidak akan dapat diamati di sebagian besar wilayah Amerika dan Samudera Pasifik bagian Timur. (AHL)

Baca Juga: Semai Garam ke Awan, Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca Berlangsung 24 Jam

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini