Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Review Realme Buds Air, Earbuds Jagoan dengan Suara Nendang

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 15 Januari 2020 08:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 15 92 2152988 review-realme-buds-air-earbuds-jagoan-dengan-suara-nendang-VPgnNPMltz.jpeg Realme Buds Air

JAKARTA – Mengawali tahun 2020, Realme merilis produk true wireless stereo (TWS) mereka sendiri yang diberi nama Realme Buds Air. Perangkat tersebut dijejali oleh beragam fitur menarik namun dihargai dengan harga yang terjangkau.

Sebagai perangkat TWS pertama yang dibawa Realme ke Indonesia, tentu banyak yang penasaran dengan performanya. Mari simak review Realme Buds Air berikut ini.

Desain

Realme Air Buds memiliki desain yang tak hanya menarik secara estetika namun juga unggul di sisi kenyamanan. Perangkat ini mengadopsi desain kurva yang sempurna agar bisa masuk secara pas ke kelopak telinga pengguna.

Masing-masing R Angle Realme Buds Air dibuat dengan lebih dari 20 busur. Ini menjadikannya lebih bundar secara fisik, sehingga lebih terasa nyaman ketika dipakai.

Bobotnya WTS ini juga ringan. Dengan berat sekitar 4 gram, Realme Buds Air tentunya tidak membuat telinga sakit saat diajak beraktivitas seharian. Untuk dibawa jogging pun, Realme Buds Air tetap nyaman.

Realme Buds Air tersedia dalam tiga warna trendi, kuning, hitam, dan putih, dengan ciri khasnya masing-masing.

Kualitas Suara

Dalam menghadirkan pengalaman suara terbaik kepada pengguna, Realme Buds Air dibekali driver besar. Perangkat ini menggunakan diafragma komposit multi-layer LCP yang canggih dan driver suara 12 mm. Dukungan hardware seperti itu diklaim dapat menimbulkan suara yang lebih dalam.

Selain itu, Realme Buds Air dilengkapi dengan R1 Headphone chip untuk memaksimalkan suara yang dihasilkan. Alhasil, pengalaman mendengarkan musik jauh lebih meningkat dibandingkan dengan perangkat TWS standar.

Untuk menebalkan suara bass, terdapat solusi DBB (Dynamic Bass Boost) yang sudah dioptimalkan secara akustik oleh tim Realme. Vendor asal China itu mengklaim dinamika dan dimensi suara yang ditambahkan bass, membuat pengalaman mendengarkan musik dan menonton film menjadi lebih sempurna.

Terlebih, kehadiran transmisi dual-channel secara real-time, Realme Buds Air menghadirkan pengalaman musik yang luar biasa. Realme Buds Air masih dapat men-deliver pengalaman audio yang baik. Efek bass cukup terasa sangat memainkan berbagai genre lagu, terutama EDM. Bisa dibilang Realme Buds Air lebih unggul dengan TWS kompetitor yang beredar di pasar Indonesia.

Bagaimana dengan fitur peredam kebisingannya? Perangkat Realme Buds Air dilengkapi dengan ENC (Environment Noise Cancellation technology) yang secara cerdas mengidentifikasi setiap kata dan menyaring semua suara bising pada latar belakang. Namun perlu diingat bahwa, fitur ini hanya cocok digunakan untuk panggilan telepon.

Konektivitas

Kehadiran Bluetooth 5.0 membuat konektivitas di perangkat ini terasa lebih nyaman. Perangkat ini tetap dapat digunakan dengan jarak 10 meter dari smartphone. Jadi, pastikan pengguna tidak berada terlalu jauh ya.

Proses pairing antara smartphone dengan Realme Buds Air juga mudah. Pengguna hanya perlu menekan tombol putih yang terletak di tengah-tengah case. Tak butuh waktu lama, kedua perangkat akan langsung terhubung.

Jika Realme Buds Air sudah terhubung dengan perangkat Anda, proses pairing akan berjalan lebih cepat. Hal ini bisa dimungkinkan berkat fitur 2.1 Instant Auto-connection yang dapat membuat proses pairing berjalan otomatis.

Sistem kontrol sentuh juga merupakan fitur unggulan yang tidak boleh diabaikan. Sistem ini dapat digunakan untuk menjawab/mengakhiri panggilan, mengganti musik, mengaktifkan asisten suara dan masuk/keluar performance mode dengan sentuhan.

Sistem kontrol dapat diaktifkan dengan memencet bagian belakang realme Buds Air yang sedang terpasang di telinga. Namun perlu diingat, jumlah sentuhan akan mempengaruhi mode Realme Buds Air.

Sentuh dua kali: Menjawab panggilan telepon atau memutar music

Sentuh tiga kali: Memainkan lagu selanjutnya

Tekan-tahan di salah satu Buds: Mengaktifkan asisten suara atau mengakhiri panggilan telepon

Tekan-tahan di kedua Buds: Masuk atau keluar Gaming Mode

Ketahanan Baterai

Di dalam case, realme Buds Air dapat bertahan kurang lebih 17 jam. Namun untuk ear budsnya sendiri dapat bertahan hingga 3 jam nonstop untuk mendengarkan musik. Jadi, ketahanan baterai juga tergantung dengan penggunaan masing-masing pengguna.

Bagaimana dengan proses charging? Proses pengisian daya Realme Buds Air menggunakan kabel type-c berlangsung secara cepat. Tak hanya itu, Realme Buds Air juga dapat diisi dayanya menggunakan proses wireless charging milik realme.

Kesimpulan

Sebagai sebuah perangkat TWS teranyar di pasar Indonesia, kedatangan Realme Buds Air memberikan kesegaran bagi konsumen Indonesia. Menilik dari fitur dan desainnya, Realme Buds Air adalah sebuah perangkat audio lengkap. Faktor ketahanan baterai juga menjadi nilai plus dari perangkat ini. Singkat cerita, Realme Buds Air adalah tonggak baru Realme dalam menjamah dunia Artificial Intelligence of Things (AIoT). (adv)

(ris)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini