Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengelolaan Sumber Daya Air Dapat Manfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 11:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 17 56 2154176 pengelolaan-sumber-daya-air-dapat-manfaatkan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-zh9A8Cb72E.jpg Bendungan Jatiluhur salah satu tempat mengelola sumber daya air. Foto : Istimewa

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) dapat memanfaatkan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sehingga menghasilkan kualitas pengelolaan yang lebih tinggi, yang dikenal sebagai Pengelolaan Cerdas Sumber Daya Air atau Smart Water Management (SWM).

"SWM adalah optimasi penggunaan TIK yang memungkinkan kita menyediakan data real-time otomatik kondisi sumber daya air dan lingkungan, serta prakiraan kondisi cuaca dan iklim untuk digunakan dalam menyelesaikan tantangan-tantangan terkait pengelolaan sumber daya air yang telah dilakukan berdasarkan Pengelolaan SDA Terpadu."kata Menteri Basuki Hadimuljono dalam orasi ilmiahnya pada sidang terbuka Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa di ITB, Kamis, (16/1/2020).

Menurut Basuki, SWM dapat digunakan mulai dari tahapan perencanaan hingga operasional, mulai dari penggunaan sehari-hari hingga pengaturan dan menunjang pengambilan kebijakan pada berbagai tingkatan pengelolaan, lintas kelompok pengguna sumber daya air dan lintas wilayah.

SWM memungkinkan pemerintah, industri, pemerhati dan pengguna mengintegrasikan prinsip-prinsip IWRM ke dalam strategi perkotaan, regional, dan nasional.

"Potensi penerapan SWM dalam pengelolaan sumber daya air sangat luas, antara lain mencakup pengelolaan kuantitas, kualitas, efisiensi penggunaan air irigasi, pemantauan keamanan infrastruktur sumber daya air, penanganan resiko bencana alam terkait air, dan kekeringan," ujarnya.

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini