Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apa Penyebab WhatsApp Down Tadi Malam?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 09:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 20 207 2155264 apa-penyebab-whatsapp-down-tadi-malam-kjU7z5JuuZ.jpg Ilustrasi (Foto: Daily Star)

JAKARTA - WhatsApp down kembali terjadi pada 19 Januari 2020. Beberapa pengguna mengeluh tidak dapat mengirim foto dan video. Pengguna pun mengeluhkan hal tersebut dilinimasa Twitter dengan hashtag #whatsappdown.

Dilansir dari laman Iharare, Senin (20/1/2020) gangguan WhatsApp tersebut juga terjadi di beberapa negara di Asia, Eropa, Timur Tengah, Amerika Selatan hingga Afrika. Sayangnya WhatsApp belum mengakui masalah tersebut hingga saat ini kepada publik. Okezone mencoba menelusuri akun Twitter resmi WhatsApp dan tidak menemukan pernyataan resmi.

Sebetulnya, kejadian WhatsApp down tidak hanya terjadi sekali. Gangguan semacam ini pernah terjadi tahun lalu. Bahkan, seluruh aplikasi milik Facbook.Inc yakni Instagram, Facebook, dan WhatsApp pernah mengalami down bersamaan.

Apa Penyebab WhatsApp Down Tadi Malam?

Menurut sebuah laporan alasan WhatsApp down karena pemerintah memblokir akses ke WhatsApp. Selain itu, integrasi antara ketiga aplikasi juga disebutkan sebagai alasannya.

Pakar keamanan siber Pratama Persadha mengatakan kepada Okezone, ada beberapa kemungkinan penyebab server WhatsAp down, salah satunya adanya maintenance internal sehingga membutuhkan waktu untuk di-take down atau dimatikan dari jaringan.

Kedua, kemungkinan adanya tindak peretasan juga selalu terbuka. Ketiga, adanya akses yang berlebih dari netizen, ini juga bisa terjadi karena serangan DDoS.

Baca Juga: Pengguna WhatsApp Mengeluh Tak Bisa Kirim Foto dan Video

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini