Pakar Keamanan Siber Jelaskan Cara Pelaku Curi Uang Ilham Bintang

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 20 207 2155377 pakar-keamanan-siber-jelaskan-cara-pelaku-curi-uang-ilham-bintang-au0WYpTz72.jpg (Foto: HRS)

JAKARTA - Salah seorang wartawan senior, Ilham Bintang mengaku mengalami kejadian tak mengenakan. Ia mengalami pembobolan rekening bank dan mengalami kerugian ratusan juta. Pembobolan tersebut diduga karena ada oknum yang mencuri nomor ponselnya.

Pengamat keamanan siber CISSReC Pratama Persadha menanggapi kejadian tersebut. Menurutnya, secara teknis membobol rekening lebih mudah ketika pelaku sudah berhasil mengkloning atau mengambil alih nomor korban.

Namun, pada kasus yang dialami Ilham Bintang, pelaku tidak melakukan kloning melainkan langsung datang ke kantor indosat dan mengaku pemilik nomor indosat Ilham Bintang.

“Artinya pelaku sudah tahu benar nomor seluler Indosat korban dan juga rekening. Pelaku tidak melakukan satu aksi hacking. Dari modus ini, kemungkinan besar pelaku mendapatkan data perbankan milik korban. Data tersebut terdiri atas nama, nomor HP, identitas penting lainnya, bahkan sampai informasi akun internet banking,” kata Pratama kepada Okezone, Senin (20/1/2020).

 Pakar Keamanan Siber Jelaskan Cara Pelaku Curi Uang Ilham Bintang

Setelah itu, pelaku berhasil mendapatkan nomor seluler korban dan mengambil sejumlah uang. Pratama melanjutkan, masih ada kemungkinan pelaku dengan berbagai data yang ada membuat kartu ATM langsung di bank korban.

Menurut Pratama, kemungkinan besar dengan memegang nomor korban, pelaku menarik uang dengan internet banking. Umumnya perbankan untuk internet banking memberikan token khusus untuk OTP. Namun masih banyak juga yang menggunakan SMS untuk proses transaksi. 

"Bisa juga para pelaku melakukan pendaftaran SMS dan internet banking bila pemilik rekening belum memiliki fasilitas tersebut. Dengan tools tersebut pelaku bisa melakukan transfer ke rekening mereka dan menguras rekening korban,”ujar Pratama. (AHL)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini