Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WhatsApp Alami Gangguan, Perlukah Beralih Aplikasi Lain?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 14:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 20 207 2155484 whatsapp-alami-gangguan-perlukah-beralih-aplikasi-lain-1sgAmOfVgf.jpg (Foto: PiunikaWeb)

JAKARTA - WhatsApp mengalami gangguan pada 19 Januari 2020. Beberapa pengguna mengeluh tidak bisa mengirim foto hingga video di linimasa Twitter. Lalu, perlukah pengguna beralih ke aplikasi lain?

Menurut Pakar Telekomunikasi, Heru Sutadi hal tersebut mungkin belum perlu dilakukan ketika pengguna belum membutuhkannya. Ia mengungkapkan bahwa posisi WhatsApp sangat kuat di Indonesia. Sehingga kemungkinan pengguna tidak mudah beralih ke aplikasi lain ketika gangguan hanya terjadi beberapa saat.

“Kecuali kalau berhari-hari atau tutup layanan-nya mungkin pindah ke aplikasi lain,” kata Heru kepada Okezone, Senin (20/1/2020).

WhatsApp telah menjadi aplikasi chatting paling banyak diunduh di dunia. Bahkan penggunanya diklaim mencapai 1,5 miliar. Meskipun demikian, WhatsApp juga punya kelemahan. Dua tahun belakangan terakhir aplikasi ini mengalami down dan peretasan.

Ada beberapa aplikasi mirip WhatsApp yang beredar gratis. Beberapa di antaranya yakni Signal yang merupakan aplikasi perpesanan seluler mirip WhatsApp yang gratis.

Aplikasi ini juga diklaim memiliki enkripsi yang kuat. Seperti kebanyakan aplikasi perpesanan lainnya, Signal juga sangat mudah digunakan. Aplikasi menawarkan panggilan suara dan video, seperti yang ditawarkan WhatsApp.

 WhatsApp mengalami gangguan pada 19 Januari 2020.

Kemudian, ada aplikasi Threema yang menjanjikan privasi lengkap. Daftar kontak dan informasi grup pengguna disimpan hanya di ponsel, bukan di aplikasi.

Pesan dihapus segera setelah dikirim. Selain itu, alih-alih menggunakan nomor ponsel, pengguna dapat terhubung ke orang-orang yang menggunakan ID Threema. Metode ini diklaim lebih jauh melindungi privasi pengguna.

Terakhir ada Telegram yang memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif, sehingga aplikasi ini menjadi alternatif populer untuk WhatsApp. Aplikasi ini berbasis pada cloud yang bekerja di beberapa platform.

Ada beberapa keunggulan lainnya yakni peserta grup bisa mencapai 5.000 angggota. Kemudian, pengguna tidak perlu terhubung dengan ponsel untuk mengaktifkan Telegram di PC atau Laptop.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini