Ahli Digital Forensik Sebut Pembobolan Rekening Ilham Bintang Kejahatan SIM Swap Fraud

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 09:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 21 207 2155862 ahli-digital-forensi-sebut-pembobolan-rekening-ilham-bintang-kejahatan-sim-swap-fraud-7vF2cS8owU.jpg Ilustrasi (Foto: Sinch)

JAKARTA - Menurut Ahli Digital Forensik, Ruby Zukri Alamsyah kejadian yang menimpa wartawan senior Ilham Bintang dinamakan kejahatan SIM Swap Fraud. Artinya, kejahatan dengan cara mengganti SIM Card pelaku yang bertujuan untuk melakukan pembobolan rekening target.

Menurutnya, tindak kejahatan ini sering terjadi tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di luar negeri.

"Modus SIM Swap Fraud ini belum bisa berhasil kalau tingkat keamanan disebuah Bank lebih ketat," kata Ruby kepada Okezone, Senin (20/1/2020).

Diberitakan sebelumnya, SVP Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk mengungkapkan bahwa pihaknya telah bertemu dengan Ilham Bintang. Sebelumnya Ilham Bintang mengaku telah mengalami pembobolan rekening setelah seseorang mencuri nomor ponselnya, yang kebetulan menggunakan nomor Indosat.

 Ahli Digital Forensi Sebut Pembobolan Rekening Ilham Bintang Kejahatan SIM Swap Fraud

Baca Juga: Pakar Keamanan Siber Jelaskan Cara Pelaku Curi Uang Ilham Bintang

“Kami menyesalkan adanya kejadian dalam proses penggantian kartu atas nama Bapak Ilham Bintang. Kami telah bertemu dengan beliau dan menjelaskan tentang apa yang terjadi,” kata Turina.

Lebih lanjut, Turina mengatakan bahwa pihak Indosat turut bekerjasama untuk menyelesaikan masalah tersebut, termasuk jika ada proses yang diperlukan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini