Berbagai Macam Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Iklim

Selasa 21 Januari 2020 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 21 56 2155943 berbagai-macam-faktor-penyebab-terjadinya-perubahan-iklim-vLU2peWJwW.jpg Ilustrasi (Foto: NASA Climate Change)

JAKARTA - Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan perubahan iklim. Mulai dari bahan bakar fosil yang menyumbang kerusakan lingkungan hidup hingga penggundulan hutan serta sampah.

Diambil dari berbagai macam sumber, penelitian World Health Organization (WHO) di 2008 menunjukkan bahwa bahan bakar fosil ialah penyumbang terbesar perubahan iklim/climate change.

Bahan bakar fosil yang dipakai ini untuk bidang manufaktur, industri dan konstruksi yang menyumbang kerusakan lingkungan hidup sebesar 36,6%. Meskipun perkembangan industri maju begitu pesat dengan dukungan bahan bakar fosil, tetapi ini menyebabkan masalah lain terkait kerusakan lingkungan hidup yang menyebabkan terjadinya perubahan iklim.

Tidak hanya penggunaan bahan bakar fosil, faktor yang menyebabkan perubahan iklim antara lain efek gas rumah kaca, kerusakan lapizan ozon hingga kerusakan fungsi hutan.

Mengutip situs ditjenppi.menlhk.go.id, perubahan iklim terjadi karena meningkatnya konsentrasi gas karbon dioksida dan gas-gas lainnya di atmosfer yang menyebabkan efek gas rumah kaca.

Peningkatan konsentrasi gas rumah kaca tersebut, disebabkan oleh berbagai kegiatan manusia seperti emisi bahan bakar fosil, perubahan fungsi lahan, limbah dan kegiatan-kegiatan industri.

 Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan perubahan iklim.

Perubahan iklim tentu tidak bisa dianggap sepele. Perubahan iklim berdampak luas terhadap kehidupan masyarakat.

Kenaikan suhu Bumi tidak hanya berdampak pada naiknya temperatur Bumi tetapi juga mengubah sistem iklim yang mempengaruhi berbagai aspek pada perubahan alam dan kehidupan manusia.

Beberapa contoh dampak negative perubahan iklim adalah gagal panen, cuaca ekstrim, dan meningkatnya wabah penyakit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini