Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Kerja Teknologi Thermal Scanner untuk Memindai Suhu Tubuh

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 16:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 21 56 2156167 cara-kerja-teknologi-thermal-scanner-untuk-memindai-suhu-tubuh-WhuKFRPfEz.jpg (Foto: NBC News)

JAKARTA - Pihak Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) telah meningkatkan pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang asal China usai wabah virus misterius yang menyerang di Kota Wuhan, China. Pihak Bandara telah memasang alat pemindai suhu tubuh (thermal scanner) secara real time.

Dilansir dari laman How to Geek, Selasa (21/1/2020) alat thermal scanner bisa mendeteksi panas suatu benda yang memancar dengan sendirinya. Thermal scanner juga mampu merekam suhu berbagai objek.

Alat dapat merekam suhu dengan warna-warna yang berbeda. Artinya dengan perbedaan warna tersebut, alat dapat mengetahui perbedaan panas yang terpancar dari objek dengan sekitarnya.

Suhu yang lebih dingin sering diberi warna biru, ungu, atau hijau. Sedangkan suhu yang lebih hangat dapat diberi warna merah, oranye, atau kuning.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Cara kerja thermal scanner mendeteksi suhu dengan mengenali dan menangkap berbagai tingkat cahaya inframerah. Cahaya ini tidak terlihat oleh mata telanjang, tetapi dapat dirasakan sebagai panas jika intensitasnya cukup tinggi.

 alat thermal scanner bisa mendeteksi panas suatu benda yang memancar dengan sendirinya.

Semua benda memancarkan semacam radiasi infra merah, dan itu adalah salah satu cara perpindahan panas. Ketika seseorang memegang tangan di atas bara panas, bara tersebut memancarkan satu ton radiasi infra merah, dan panasnya dipindahkan ke tangan tersebut.

Selain itu, hanya sekitar setengah energi matahari yang dilepaskan sebagai cahaya tampak sisanya adalah campuran ultravoilet dan cahaya inframerah.

Semakin panas suatu objek, semakin banyak radiasi infra merah yang dihasilkannya. Thermal scanner dapat melihat radiasi ini dan mengubahnya menjadi gambar yang kemudian dapat dilihat dengan mata, seperti halnya kamera penglihatan malam dapat menangkap cahaya inframerah yang tak terlihat dan mengubahnya menjadi gambar yang dapat dilihat mata.

Di dalam thermal scanner, ada banyak perangkat pengukur kecil yang menangkap radiasi infra merah, yang disebut mikrobolometer, dan setiap piksel memiliki satu. Dari sana, mikrobolometer merekam suhu dan kemudian menetapkan piksel tersebut ke warna yang sesuai.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini