Kominfo dan BRTI Imbau Operator Hati-Hati saat Pelanggan Ganti SIM Card

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 17:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 22 54 2156751 kominfo-dan-brti-imbau-operator-hati-hati-saat-pelanggan-ganti-sim-card-rBIMzb6VUj.jpg (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika sekaligus Wakil Ketua BRTI, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan bahwa operator harus berhati-hati dalam melakukan registrasi pergantian SIM Card.

Semuel juga mengungkapkan bahwa operator harus menerapkan Knowing Your Customer (KYC) dalam menerapkan proses pergantian.

"Dalam registrasi kartu, perlu suatu kehati-hatian dalam melakukan registrasi pergantian SIM Card," kata Semuel di Ruang Serbaguna Kominfo, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Semuel melanjutkan bahwa kasus ini menjadi pembelajaran dan evaluasi untuk operator, pihak bank serta masyarakat.

 Operator harus berhati-hati dalam melakukan registrasi pergantian SIM Card.

"Kalau lihat dari kasus yang diketahui bukan hanya satu saja melainkan suatu rangkaian. Kali ini makin banyak kejahatan yang mencari kelemahan-kelemahan yang ada," kata Semuel.

Semuel juga mengimbau masyarakat agar menerapkan kehati-hatian dalam menjaga data pribadi. Pasalnya, ketika data ini dikumpulkan dengan data lain maka akan sangat berbahaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini